Smart Lamp: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan & Cara Memilih

Share
smart lamp smart offices

smart lamp smart offices

Saat ini, berbagai teknologi pintar semakin merajalela dan dapat Anda manfaatkan secara optimal. Salah satunya yaitu smart lamp atau yang bisa kita katakan sebagai lampu pintar. Pencahayaan adalah unsur penting dalam mendukung berbagai aktivitas, sehingga perkembangan teknologi tentang lampu pun cukup menarik untuk kita ikuti.

Apakah Anda sudah tahu tentang jenis lampu yang satu ini? Jika belum, maka kini Anda sedang membaca artikel yang tepat untuk mengenalnya lebih jauh. Mari pahami berbagai informasi tentang lampu pintar, mulai dari pengertian, kelebihan, kekurangan, sampai cara memilihnya!

Pengertian Smart Lamp

Secara umum, lampu pintar ini dapat kita artikan sebagai jenis pencahayaan yang dapat kita atur dengan mudah, sehingga penggunaannya pun menjadi efektif dan efisien. Anda dapat melakukan pengaturan hanya dengan memakai smartphone, lalu menyesuaikan pencahayaan  pada ruangan tersebut dengan kebutuhan dan aktivitas Anda.

Baca Juga: Ciptakan Kantor Modern dengan Produk Smart Home Ini!

Kelebihan Smart Lamp

Ada berbagai kelebihan dari lampu pintar yang membuatnya kini semakin banyak penggunan untuk gedung, kantor, bahkan rumah pintar. Berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda jika ingin memanfaatkannya.

  • Dapat Dikontrol dengan Smartphone

Anda dapat menghubungkan lampu pintar dengan smartphone, sehingga berbagai kontrol pun dapat kita lakukan dari sana. Misalnya, untuk menyalakan lampu, mengganti warna, mengatur timer, bahkan menyalakan irama musik yang sesuai.

  • Tahan Lama dan Hemat Daya

Jika dibandingkan dengan lampu konvensional, lampu pintar lebih tahan lama dan terbilang hemat daya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir terhadap tagihan listrik dari jenis lampu ini.

  • Dapat Dikontrol dengan Sistem Suara

Selain dapat dikontrol dengan smartphone, kini sudah ada pula beberapa jenis lampu pintar yang bisa kita kontrol hanya dengan suara. Tentunya, kontrol suara ini perlu adanya dukungan  teknologi dan fitur yang memadai.

  • Dapat Mengubah Warna Lampu

Kelebihan lainnya dari lampu pintar yaitu Anda dapat mengubah warna lampu, karena telah tersedia berbagai jenis warna yang berbeda pada fiturnya, sehingga anda bisa memilih dan menyesuaikannya.

  • Menjadi Alternatif Memperindah Ruangan

Masih berkaitan dengan pembahasan sebelumnya, dengan adanya fitur untuk mengganti warna lampu sesuai keinginan, maka hal ini bisa kita manfaatkan untuk memperindah ruangan.

Nilai estetika dari lampu ini dapat Anda manfaatkan dengan optimal, terlebih jika ingin memberikan nuansa tertentu pada suatu ruangan.

  • Memiliki Sistem Keamanan yang Baik

Ketika sedang digunakan, lampu pintar ini tidak menghasilkan panas, sehingga dapat mengurangi berbagai risiko keamanan, misalnya potensi api dan terjadinya kebakaran. Hal ini berbeda dengan jenis lampu konvensional yang umumnya dapat menghasilkan energi panas ketika kita gunakan.

Kekurangan Smart Lamp

Selain kelebihan di atas, lampu pintar pun sebenarnya memiliki berbagai kekurangan yang sebaiknya juga menjadi pertimbangan Anda, misalnya sebagai berikut:

  • Harga yang Cenderung Mahal

Kekurangan pertama yang umum bagi berbagai jenis teknologi terbaru yaitu tentang harganya yang cenderung mahal, hal ini juga berlaku untuk lampu pintar. Dibandingkan dengan jenis lampu biasa, tentu saja harga yang ditawarkan untuk lampu pintar ini akan lebih mahal.

  • Dibutuhkan Internet sebagai Pendukungnya

Jika ingin memanfaatkan berbagai fitur smart lamp dengan optimal, maka Anda juga membutuhkan pendukungnya, yaitu koneksi internet. Tanpa adanya koneksi tersebut, maka lampu tersebut hanya menjadi lampu konvensional biasa.

  • Daya Lampu LED Tunggal Terbilang Rendah

Karakter dari lampu LED adalah pencahayaannya yang terfokus, sehingga Anda membutuhkan lebih dari satu buah lampu jika ingin menerangi sebuah ruangan, terlebih yang ukurannya cukup luas.

Cara Memilih Smart Lamp

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, maka kini Anda juga sebaiknya paham bagaimana cara untuk memilih lampu pintar yang tepat, berikut langkah pentingnya:

  • Pilih sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan yaitu seperti apa kebutuhan Anda, sehingga inilah nantinya yang menjadi perhatian ketika memilih jenis lampunya.

Ada banyak jenis lampu pintar yang bisa kita pilih, sehingga pastikan Anda memilih komponen dan paket yang tepat dengan kebutuhan.

  • Lihat Spesifikasi dan Fiturnya

Masih berhubungan dengan langkah sebelumnya, penting bagi Anda untuk memperhatikan spesifikasi dari lampu pintar yang akan kita pakai. Selain itu, perhatikan juga fitur apa saja yang ditawarkan, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan Anda atau belum.

  • Jangan Lupa untuk Memilih Lampu Berkualitas

Cara selanjutnya yang sangat penting untuk kita perhatikan yaitu pastikan bahwa lampu yang Anda pilih sudah terjamin dari segi kualitasnya. Setiap produk lampu memang menawarkan berbagai kelebihannya masing-masing, sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi Anda dalam memilih.

Jadi bagaimana, apakah kini Anda sudah lebih paham tentang jenis lampu pintar ini? Berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing, dapat menjadi pertimbangan penting bagi Anda sebelum memutuskan untuk membeli dan memanfaatkan lampu pintar.

Penggunaan teknologi ini banyak pada gedung, mulai dari kantor pintar, institusi pendidikan, rumah pintar, dan sebagainya. Untuk berbagai jenis kantor modern, ini adalah salah satu jenis teknologi penting yang dapat kita andalkan untuk mendukung kenyamanan dan keamanan.

Baca Juga: Mengenal Teknologi Smart Home System Canggih

Jika Anda tertarik untuk membangun kantor modern dengan berbagai teknologi pintar, maka segera kunjungi laman blog Smart Office dan temukan berbagai inspirasi di sana! Tentunya, jangan lupa untuk mencari tahu tentang peralatan kantor yang bisa kita manfaatkan untuk mendukung keamanan dan kenyamanan, utamanya yakni smart lamp!

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles