10 Soft Skill yang Harus Dikuasai di Era Digital

Share
era digital smart offices

era digital smart offices

Pada era digital ini , pendidikan yang tinggi tanpa Anda  imbangi oleh pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni tidak akan menjadi sesuatu yang berarti. Di masa ini juga, menuntut manusia agar memiliki banyak keterampilan agar bisa beradaptasi dengan situasi digital. Salah satu yang tidak kalah penting untuk menguasainya yaitu keterampilan soft skill.

Soft skill ini biasanya tidak diajarkan secara khusus saat bangku pendidikan. Namun, hal ini bisa terbentuk dari banyaknya pengalaman yang sudah Anda lalui. Lalu, apa saja soft skill yang harus dimiliki di zaman digital?

10 Soft Skill yang Harus Dimiliki saat Era Digital

Ada banyak soft skill yang harus Anda miliki agar bisa bersaing di dunia kerja pada zaman digital. Mulai dari adaptasi, kreativitas, persuasi, dan masih banyak lagi. Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa Anda simak berikut  ini.

  • Komunikasi

Komunikasi adalah keterampilan dasar yang penting untuk Anda miliki dalam segala bidang, termasuk dunia kerja. Di masa digital , komunikasi menjadi semakin penting karena akan sering berinteraksi dengan orang lain secara virtual. 

Kemampuan untuk berkomunikasi yang baik meliputi kemampuan menyampaikan pesan secara efektif, baik secara tulisan  maupun lisan, serta kemampuan mendengarkan secara aktif.

  • Persuasi

Persuasi adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu. Kemampuan ini penting dimiliki dalam dunia kerja, misalnya untuk meyakinkan klien untuk membeli produk atau layanan, atau untuk meyakinkan atasan untuk menyetujui ide yang dimiliki.

Umumnya, kemampuan ini akan disertasi dengan kemampuan berargumen, public speaking, kontrol emosi yang baik, dan kemampuan berpikir secara logis. 

  • Kreativitas

Kreativitas ialah kemampuan seseorang untuk menghasilkan ide baru serta inovatif. Kemampuan ini penting untuk dimiliki di era digital yang terus berkembang. Orang yang kreatif akan lebih mudah beradaptasi dengan perubahan dan menemukan solusi baru untuk masalah yang Anda hadapi.

Dalam sebuah survei yang dilakukan pada 50.000 jobseeker, bahwa keterampilan profesional dan kreativitas menduduki posisi teratas. Pasalnya, perusahaan selalu menginginkan hal baru sehingga selalu membutuhkan kandidat yang kreatif.

  • Kecerdasan Emosional (EQ)

Kecerdasan emosional salah satu skill manusia dalam  mengelola emosi diri sendiri dan orang lain. Kemampuan ini penting untuk Anda miliki di era digital yang penuh dengan tekanan dan persaingan. Orang yang memiliki EQ yang tinggi akan lebih mudah bekerja sama dengan orang lain dan menghadapi tantangan.

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa kecerdasan emosional menjadi 90% penentu kesuksesan seseorang dalam karirnya. Dalam survei lainnya yang melibatkan 500 eksekutif senior, ternyata survey tersebut menemukan  bahwa kecerdasan emosional menjadi prediktor kesuksesan seseorang ketimbang pengalaman.

  • Adaptasi

Adaptasi adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Kemampuan ini penting untuk dimiliki di era digital yang terus berkembang. Orang yang adaptif akan lebih mudah beradaptasi dengan perubahan teknologi dan perubahan lainnya.

Seseorang yang memiliki pendidikan tinggi tidak akan mampu bersaing pada dunia kerja ketika tidak memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Bahkan, tidak sedikit yang tidak mampu bertahan dalam pekerjaannya. Oleh karena itu, keterampilan ini harus dimiliki oleh setiap orang.

Baca Juga: 5 Kursus yang Bisa Upskill Cloud Computing!

  • Problem Solving dan Berpikir Kritis

Problem solving adalah kemampuan untuk memecahkan masalah, sedangkan berpikir secara kritis merupakan kemampuan dalam menganalisis informasi serta membuat keputusan yang tepat. 

Kedua kemampuan ini penting untuk Anda miliki  pada era digital yang penuh dengan masalah dan tantangan. Pasalnya, keterampilan ini bisa membantu Anda untuk menghadapi berbagai macam hal di dunia kerja.

  • Kolaboratif

Kerjasama adalah hal yang penting di dunia kerja, terutama saat masa digital ini  yang menuntut kita untuk bekerja sama dengan orang-orang dari berbagai latar belakang. Oleh karena itu, penting untuk memiliki keterampilan kolaboratif yang baik agar kita dapat bekerja sama dengan orang lain secara efektif.

  • Manajemen Diri

Manajemen diri adalah kemampuan untuk mengatur diri sendiri, baik secara fisik, mental, maupun emosional. Kemampuan ini penting untuk Anda sebagai bekal untuk  dunia kerja karena dapat membantu kita untuk mencapai tujuan, mengelola stres, dan menjaga kesehatan. Keterampilan manajemen diri yang baik meliputi kemampuan untuk:

  • Menetapkan tujuan
  • Membuat rencana
  • Mengatur waktu
  • Mengelola stres
  • Menjaga kesehatan
  • Kreativitas dan Inovasi

Dalam dunia digital, kreativitas dan inovasi memiliki peran yang sangat penting agar bisa bersaing dalam dunia kerja. Dua kemampuan ini bisa membantu Anda untuk menciptakan sesuatu yang baru. Selain itu, kreativitas juga dapat membantu ketika pemecahan suatu masalah agar lebih mudah. 

  • Integritas

Integritas juga tidak kalah penting Anda kuasai dalam masa digital. Dengan berpegang teguh pada norma dan etika bisnis, usaha tersebut akan lebih fokus pada karya yang dihasilkannya. 

Demikian beberapa soft skill yang harus dimiliki pada era digital ini. Dengan memiliki beberapa keterampilan tersebut, Anda akan memiliki value yang lebih tinggi di dunia kerja. 

Baca Juga: 10 Manfaat Digitalisasi dalam Perkembangan Perusahaan

Tidak hanya itu, agar tidak ketinggalan zaman Anda juga bisa mulai mengisi rumah dengan peralatan smart home. Anda bisa mendapatkannnya melalui Smart Offices.  Temukan juga inspirasi kantor modern, untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanannya.

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles