Mengenal Teknologi Smart Home System Canggih

Share
Smart home system memberikan banyak kemudahan bagi pemilik rumah untuk mengotomasi banyak hal dan membuat sistem keamanan lebih maksimal. Pelajari selengkapnya!

Smart home system atau disebut juga dengan teknologi rumah pintar memungkinkan penghuni rumah untuk mengatur rumah secara otomatis. Hal-hal yang diatur biasanya berupa pencahayaan, akses keamanan, home theater dan lain-lain. Semuanya bisa diatur dengan menggunakan perangkat seluler atau remote control tertentu.

Sistem yang seperti ini muncul untuk memudahkan manusia dan meningkatkan keamanan serta kenyamanan dalam rumah. Apakah Anda cukup familiar dengan sistem rumah pintar ini? Kami akan memberikan ulasan lebih lanjut sehingga Anda bisa mengenal lebih jauh mengenai sistem smart home.

Apa itu Smart Home System?

Sebuah hunian yang dilengkapi teknologi canggih otomatis yang memudahkan penghuni rumah, itulah pengertian sederhana dari sistem smart home. Pemilik rumah bisa mengatur kondisi rumah mulai dari suhu, pencahayaan, TV, akses keamanan dan masih banyak lagi secara jarak jauh. 

Dari segi tampilan pun, rumah yang dilengkapi fitur smart home berbeda dengan rumah pada umumnya. Segala sesuatu di rumah pintar bisa diatur dengan mudah melalui smartphone, untuk itu jaringan internet juga harus selalu tersedia. 

Ada juga smart home yang bisa mengatur nyala lampu sesuai dengan mood penghuni rumah. Semua sistem yang ditanamkan di smart home memang bertujuan untuk memudahkan pemilik rumah dan memberikan kenyamanan yang maksimal.

Cara Kerja Smart Home System

Seluruh peranti smart home diatur terpusat ke salah satu sistem pengontrol yang menjadi pengontrol sistem, bisa memakai smartphone, tablet atau konsol game. Semuanya bisa diakses dan dikontrol dalam satu perangkat pintar. Bahkan pemilik rumah juga bisa membuat jadwal untuk setiap perubahan dan kegiatan di rumah agar dapat diotomasi. 

Selain itu, sistem rumah pintar juga sudah banyak yang dilengkapi dengan artificial intelligence atau AI yang dapat menghafal jadwal rumah dan melakukan penyesuaian kebutuhan. Tidak jarang juga smart home bisa menghubungi pihak berwenang jika memang terjadi keadaan genting, seperti mengontak polisi atau pemadam kebakaran. 

Kelebihan Instalasi Smart Home System

Berikut ini adalah daftar kelebihan mempunyai sistem instalasi smart home untuk kenyamanan hunian Anda. 

1. Sistem dan Kontrol Otomatis

Adanya instalasi teknologi rumah pintar memungkinkan Anda untuk memiliki kendali yang lebih besar atas penggunaan daya. Anda dapat mengotomatiskan hal-hal seperti menyesuaikan suhu, menyalakan dan mematikan lampu, membuka dan menutup jendela, dan menyesuaikan sistem keamanan sesuai kebutuhan.

2. Lebih Hemat Energi

Instalasi teknologi rumah pintar juga bisa memberikan informasi tentang penggunaan daya yang dapat membantu Anda menjadi lebih hemat energi. Sehingga dapat memastikan penggunaan listrik, air, atau alat-alat elektronik di rumah dapat dikontrol dengan mudah.

Sebab rumah pintar dapat menentukan area di mana Anda menggunakan lebih banyak daya. Sehingga memungkinkan Anda untuk mengurangi daya di area lain dan menghemat uang.

3. Memaksimalkan Keamanan Rumah

Dengan fitur smart home ini, Anda bisa meningkatkan sistem keamanan rumah. Ada banyak pilihan fitur yang bisa Anda eksplorasi, Seperti misalnya sistem otomasi rumah yang bisa terhubung ke CCTV, kunci pintu dan gerbang otomatis, serta security system lain. Semuanya bisa dikontrol hanya dengan satu perangkat. 

Anda juga bisa menerima peringatan keamanan dan memantau aktivitas di rumah Anda secara real time, meskipun saat ini Anda sedang berada di belahan dunia lain.

4. Home Management Insight

Anda bisa mendapatkan insight berharga yang merangkum seluruh kegiatan Anda dan bagaimana rumah Anda beroperasi. Mulai dari seberapa sering Anda menggunakan TV, bahkan sampai ke jenis tontonan yang sesuai selera Anda. 

Jenis makanan apa yang sering dimasak dan disimpan di kulkas. Serta bagaimana kebiasaan konsumsi daya Anda dari waktu ke waktu. Dengan mendapatkan insight ini, Anda bisa menganalisis kebiasaan sehari-hari serta menyesuaikan dengan lifestyle yang paling Anda inginkan.

5. Meningkatkan Fungsi Peralatan

Teknologi rumah pintar dapat membantu Anda menjalankan banyak peralatan di rumah dengan lebih baik. Smart TV akan membantu Anda menemukan aplikasi dan saluran yang lebih baik untuk menemukan program favorit Anda. Oven pintar akan membantu Anda memasak ayam dengan sempurna — tanpa perlu khawatir terlalu matang atau kurang matang. 

Sistem home theater dan audio yang dirancang dengan cerdas dapat mempermudah pengelolaan koleksi film dan musik Anda. Menghubungkan peralatan Anda dan sistem lain dengan teknologi otomasi akan meningkatkan keefektifan peralatan di rumah dan membuat kehidupan rumah Anda jauh lebih mudah dan menyenangkan!

Baca Juga: Apa Itu Smart Home? Ini Pentingnya Kantor Pakai Sistem Canggih

Penyedia Layanan Smart Home System di Indonesia

Saat ini telah mulai banyak beredar di Indonesia perumahan yang berbasis smart home. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa membuat smart home versi Anda sendiri dengan penyedia layanan smart home di Indonesia. 

Apalagi jika Anda hendak membuat rumah sebagai lokasi work from home atau kerja remote yang nyaman. Anda bisa menggunakan Smart Offices, Solusi Smart Home System Multifungsi

Smart Offices merupakan penyedia smart home system yang dapat digunakan pada berbagai jenis bangunan, terutama gedung perkantoran.

Smart Offices menyediakan beragam sistem keamanan dan produk-produk yang meningkatkan efisiensi kinerja perangkat-perangkat di dalam gedung.  Gunakan produk smart office canggih yang mudah perawatannya dari Smart Offices sekarang!

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles