Smart CCTV: Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangan

Share
smart cctv. smart offices

 

smart cctv. smart offices

Era modern membuat berbagai perkembangan teknologi semakin pesat, termasuk untuk mendukung berbagai kebutuhan kantor pintar. Salah satu perkembangan yang sebaiknya Anda ketahui yaitu kini sudah mulai umum masyarakat gunakan smart CCTV atau CCTV pintar.

Ini adalah salah satu solusi untuk meningkatkan keamanan, serta memudahkan berbagai monitoring yang diperlukan oleh kantor, misalnya tentang memantau kehadiran karyawan kantor.

Mari, baca artikel ini sampai tuntas dan mengenal lebih lanjut tentang CCTV pintar, termasuk tentang cara kerja, kelebihan, serta kekurangannya!

Pengertian Smart CCTV

CCTV pintar merupakan sebuah sistem keamanan yang dirancang dengan memakai berbagai fitur dan teknologi canggih. Selain untuk mendukung keamanan, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk memantau kehadiran karyawan kantor, karena sudah terdapat dengan sistem sensor yang canggih dan dapat melakukan pendataan secara otomatis.

Baca Juga: Cara Mengimplementasikan Design Smart Home di Rumah Anda

Cara Kerja Smart CCTV

Jika Anda penasaran tentang cara kerja dari jenis CCTV ini, maka inilah penjelasan terkait setiap langkah kerjanya:

  • Kamera CCTV

Pertama, kamera akan mengatur dan mengkonfirgurasikan sesuai dengan panduan, sehingga bisa langsung terhubung ke jaringan WiFi.

  • Transmisi Data

Selanjutnya, kamera akan mulai bisa merekam video dan mengubahnya menjadi format digital. Selanjutnya, video tersebut akan terkirim dengan melalui jaringan WiFi.

  • Penerimaan Data

Data video yang dikirimkan dari CCTV, nantinya akan muncul pada perangkat yang sudah tersambung untuk memonitor CCTV atau masuk ke perangkat penyimpanan.

  • Penyimpanan dan Tampilan

Data tersebut nantinya dapat muncul secara langsung pada device yang telah tersambung untuk memonitor.

Selain itu, data juga dapat disimpan ke perangkat penyimpanan tertentu sesuai dengan konfigurasi sistemnya, misalnya ke cloud storage atau hard drive. Durasi penyimpanan pun dapat Anda atur dan konfigurasi sesuai sistem penyimpanan yang Anda gunakan.

  • Akses dari Jarak Jauh

Data video juga dapat Anda akses dari jarak jauh melalui berbagai perangkat, misalnya perangkat seluler, tablet, komputer, dan sebagainya.

Kelebihan Smart CCTV

Perlu Anda ketahui bahwa CCTV pintar ini memiliki berbagai kelebihan yang patut Anda pertimbangkan, antara lain sebagai berikut:

  • Dapat Dipantau secara Real Time

Pada penjelasan sebelumnya, bahwa data video yang terekam dalam CCTV ini dapat diakses dari jarak jauh.

Hal ini berhubungan dengan kelebihan pertama, yaitu Anda dapat memantau CCTV secara real time melalui perangkat yang sudah terhubung. Dengan begitu, Anda memantau kondisi  sekitar CCTV dari manapun dengan mudah.

  • Fitur Smart Zoom

Kamera dapat melakukan zoom secara otomatis ketika ada seseorang yang datang, sehingga wajahnya akan tampak secara jelas ke monitor yang memantaunya.

  • Fitur Face Recognize

Selain dapat melakukan zoom, kamera ini juga memiliki fitur face recognize yang dapat mengenali wajah orang-orang pada kamera. Jika ada wajah asing yang terdeteksi, maka sistem dapat membunyikan alarm peringatan.

  • Notifikasi Dapat Dikirim ke Ponsel

Kelebihan selanjutnya yaitu Anda bisa mengatur untuk mendapatkan notifikasi peringatan jika ada orang atau benda asing yang masuk ke dalam kawasan tersebut.

  • Fitur Audio dari Dua Arah

Anda juga bisa menggunakan fitur audio dua arah, sehingga memungkinkan untuk melakukan percakapan secara langsung dengan orang asing yang sedang mengusahakan untuk masuk ke smartphone atau device yang terhubung dengan CCTV.

  • Fitur Smart Light

Selanjutnya, ada pula fitur smart light yang dapat membuat kamera menyesuaikan dengan kondisi cahaya yang dibutuhkan, sehingga gambar yang tertangkap pada kamera pun akan menjadi lebih tajam dan terlihat jelas.

  • Meningkatkan Keamanan

Berbagai fitur yang tersedia, sesuai dengan penjelasan di atas, tentunya dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan di suatu kawasan, karena bisa memantau berbagai situasi dan kondisi di sana.

  • Dapat Dimanfaatkan untuk Memantau Karyawan Kantor

Seperti yang sudah kita baas pada bagian awal, sistem CCTV ini dapat Anda optimalkan untuk berbagai keperluan kantor, misalnya ketika memantau kehadiran karyawan ke kantor.

Kekurangan Smart CCTV

Berbagai kelebihan di atas mungkin saja dapat membuat Anda semakin yakin untuk segera memiliki CCTV ini, namun sebaiknya Anda pertimbangkan juga kekurangan yang dijelaskan di bawah ini:

  • Pengaturan dan Konfigurasi Masih Sulit

Untuk dapat melakukan pengaturan dan konfigurasi CCTV pintar, maka Anda butuh pengetahuan yang baik tentang sistem LAN, sehingga masih tergolong sulit untuk sebagian orang yang belum berpengalaman.

  • Harga Cenderung Lebih Mahal

Kekurangan selanjutnya dari smart CCTV adalah harganya yang hingga saat ini masih  tergolong mahal dari CCTV konvensional yang lebih ekonomis. Sebenarnya, ada pula CCTV pintar yang menawarkan harga lebih murah, namun biasanya kualitasnya pun lebih rendah.

Itulah berbagai penjelasan tentang CCTV pintar yang kini sudah Anda manfaatkan di berbagai lokasi, supaya bisa menunjang keamanan secara efektif dan efisien. Hal ini karena terdapat berbagai kelebihan dari CCTV jenis ini, sehingga kekhawatiran tentang risiko kejahatan pun dapat berkurang.

Namun, teknologi ini juga memiliki kekurangan yang sebaiknya juga menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum memutuskan untuk membeli dan memakainya.

Baca Juga: Mengenal Teknologi Smart Home System Canggih

Apabila saat ini Anda merancang konsep kantor modern, maka smart CCTV pun bisa menjadi salah satu alternatif yang patut Anda pertimbangkan. Selanjutnya, kunjungi laman blog Smart Office untuk mencari berbagai inspirasi kantor modern terbaik, termasuk berbagai peralatan kantor yang bisa meningkatkan efisiensi, keamanan, dan kenyamanan!

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles