Cara Mengimplementasikan Design Smart Home di Rumah Anda

Share
Design Smart Home Smart Offices peralatan kantor modern

Belakangan ini, rumah dengan design smart home semakin populer dan kerap menjadi tren di dalam maupun luar negeri. Saat ini, mulai banyak yang tertarik dan mencoba menerapkan desain ini sebagai konsep dari hunian mereka.

Meski begitu, untuk bisa membangun rumah dengan konsep smart home, Anda perlu pintar dan terampil dalam merancang segala sesuatunya dengan matang agar setiap komponen dapat berfungsi dengan maksimal.

Untuk itu, kali ini akan dibahas mengenai cara-cara yang bisa diterapkan ketika Anda tertarik untuk mengimplementasikan konsep smart home di rumah. 

Nah, bagaimana cara mendesain rumah supaya bisa memiliki konsep smart home ini? Simak pembahasannya pada poin-poin di bawah ini.

Mengenal Konsep Design Smart Home

Sebelum lebih lanjut membahas tentang cara mengimplementasikan desain dari hunian bertemakan smart home, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu terkait konsep dari smart home ini sendiri.

Apa itu konsep hunian dengan design smart home? Jadi konsep hunian smart home sesuai dengan namanya adalah sebuah konsep rumah pintar yang diterapkan pada hunian dalam artian rumah tersebut dilengkapi dengan berbagai macam teknologi yang umumnya dapat dikendalikan oleh perangkat layaknya ponsel.

Bukan semata-mata pelengkap biasa, teknologi yang dipasang pada hunian bertemakan smart home ini memiliki fungsi yang dapat membantu penghuninya dalam melakukan beberapa kegiatan. Dengan memiliki hunian yang menerapkan konsep rumah pintar ini, maka Anda bisa merasakan manfaat seperti misalnya merasakan kenyamanan dan keamanan yang lebih besar.

Ada banyak jenis teknologi yang bisa dipilih dan dipasang untuk semakin memaksimalkan hunian yang bertemakan smart home ini, seperti misalnya yaitu teknologi yang bisa mengatur pencahayaan, mengatur alat rumah tangga elektronik, hingga teknologi untuk menjaga keamanan.

Rumah yang mengusung konsep smart home ini tentunya memiliki beberapa kelebihan Kelebihan dari hunian dengan design smart home, antara lain yaitu dapat mengontrol peralatan di rumah dari jarak jauh, ramah lingkungan, memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi, hingga merasakan tempat tinggal yang lebih nyaman.

Baca Juga: Ciptakan Kantor Modern dengan Produk Smart Home Ini!

Cara Mengimplementasikan Design Smart Home di Sebuah Hunian

Untuk bisa mengimplementasikan konsep hunian smart home pada rumah Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Berikut ini beberapa teknologi yang sekiranya dapat Anda pasang ketika ingin mengimplementasikan konsep hunian smart home.

  • Smart Home System

Salah satu teknologi utama yang perlu ada jika Anda ingin mengimplementasikan hunian smart home, yaitu dengan memiliki aplikasi smart home system pada perangkat ponsel Anda. Dengan memiliki aplikasi satu ini, maka Anda dapat mengontrol seluruh teknologi pintar yang sebelumnya sudah dipasang di rumah anda dengan hanya melalui ponsel saja.

Tentunya hal ini dapat sangat membantu dan mempermudah beberapa aktivitas harian Anda. Pasalnya, aplikasi smart home system pada ponsel ini bisa membantu anda dalam mengendalikan teknologi mulai dari yang berhubungan dengan pencahayaan, suara, hingga alat-alat elektronik lain seperti televisi, Air Conditioner, hingga mesin cuci.

Supaya bisa dimanfaatkan dengan maksimal, Anda perlu menemukan aplikasi yang paling tepat dan bisa sesuai memenuhi kebutuhan Anda.

  • Heating System

Teknologi berikutnya yang juga bisa dipasang di sebuah hunian dengan design smart home, yaitu heating system. Dengan memiliki heating system di rumah, Anda jadi bisa merasakan suhu yang ideal sesuai dengan yang Anda inginkan.

Heating system ini umumnya dapat diatur menggunakan aplikasi, sehingga seseorang bisa mengontrol suhu di rumahnya untuk memiliki suhu yang rendah maupun suhu yang tinggi. 

Meski begitu, heating system juga tetap bisa bekerja dengan memanfaatkan sensor. Jadi, sistem ini bisa mendeteksi kehadiran Anda dan kemudian akan mulai bekerja untuk mengaktifkan suhu dengan sistem pemanas maupun pendingin.

  • Smart Lighting System

Rumah dengan konsep smart home akan kurang lengkap jika tidak memiliki smart lighting system. Menjadi salah satu komponen yang penting lampu dan pencahayaan perlu diatur sedemikian rupa di tiap-tiap sudut hunian.

Dengan dukungan teknologi, smart lighting system kini bisa disambungkan dengan Wifi maupun Bluetooth yang membuatnya bisa dikendalikan dengan menggunakan perangkat ponsel.

  • Smart CCTV

Jika Anda tertarik untuk mengimplementasikan hunian dengan konsep smart home, maka Anda juga perlu memasang teknologi smart CCTV. Untuk alasan keamanan, CCTV ini penting untuk dipasang baik di dalam maupun di luar agar Anda bisa mengawasi rumah secara keseluruhan.

  • Home Bells

Masih berhubungan dengan sistem keamanan, hunian smart home juga bisa Anda lengkapi dengan pemasangan home bells. Umumnya, teknologi pintar ini dilengkapi dengan kamera sehingga Anda bisa melihat melalui perangkat layar LED yang dipasang siapa yang hendak bertamu.

Nah, itu dia beberapa pilihan dari teknologi yang bisa Anda pilih ketika Anda tertarik untuk mengimplementasikan design smart home pada hunian Anda dan keluarga.

Baca Juga: Apa Itu Smart Home? Ini Pentingnya Kantor Pakai Sistem Canggih

Sebagai rekomendasi, Anda bisa mendapatkan produk teknologi untuk kebutuhan smart home melalui Smart Offices. Produknya yang canggih dan mudah untuk dirawat ini bisa Anda pilih untuk melengkapi konsep hunian smart home yang Anda impikan.

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles