Fire Sprinkler: Alat Otomatis Deteksi Kebakaran, Untuk Perkantoran!

Share
fire sprinkler smart offices

fire sprinkler smart offices

 

Sebuah bangunan yang memiliki banyak ruang penting di dalamnya, sudah sebaiknya memiliki alat fire sprinkler atau alat pemadam api. Hal ini bertujuan untuk menjaga ruangan tersebut bila terjadi kebakaran kecil.

Alat ini sangat bisa diandalkan ketika terjadi kebakaran tiba-tiba dalam suatu bangunan. Alat ini bisa menjadi sebagai pertolongan pertama ketika api baru menyambar dan jika ukurannya masih relatif kecil. 

Pengertian Fire Sprinkler

Alat pemadam api merupakan sebuah alat yang dirancang khusus agar bisa memadamkan api dengan sekejap. Umumnya, alat ini tersedia pada gedung bertingkat, fasilitas umum, atau tempat yang berpotensi tinggi mengalami kebakaran. 

Alat ini memiliki sistem pemadam otomatis yang dapat mendeteksi mengontrol, sekaligus memadamkan kebakaran tahap awal. Sistem pemadam ini memiliki sprinkler dan pipa yang sudah terhubung dengan sumber air. 

Pada saat suhu di area sprinkler naik oleh api, komponen tersebut akan langsung menyemburkan air untuk menghambat dan memadamkan api tersebut. Hal ini cukup efektif untuk mencegah api tersebut merambat ke area lain.

Ada beberapa jenis fire sprinkler berdasarkan besarnya kebakaran yang terjadi. Mulai dari sistem bahaya kebakaran yang ringan, sistem bahaya kebakaran yang sedang, dan sistem bahaya kebakaran yang berat.

Baca Juga: Mengenai Visitor Management System untuk Keamanan Perusahaan

Fungsi & Kegunaan 

Dalam bangunan komersial seperti perumahaan dan industri, kehadiran alat pemadam otomatis ini sangat penting. Bahkan, dalam standar yang ketat fire sprinkler menjadi salah satu hal wajib dalam pembangunan atau renovasi sebuah bangunan. Adapun fungsi alat ini yaitu sebagai berikut:

  • Mendeteksi Suhu Panas

Alat pemadam otomatis baru akan bekerja ketika suhu sekitar mulai panas. Ketika kebakaran terjadi, suhu pada area sekitar otomatis akan meningkat jadi lebih panas. Suhu ini akan terdeteksi langsung oleh alat ini. 

Bila batas suhu sudah melewati batas toleransi, cairan dalam tabung akan pecah keluar sehingga api dapat langsung Anda padamkan. Hal ini bisa membantu menghentikan api pada area tersebut agar tidak menyebar ke area lain.

  • Memadamkan Api secara Otomatis

Seperti yang diketahui, alat ini mampu mendeteksi suhu panas. Hal ini memungkinkannya untuk bertindak secara spontan ketika terjadi kebakaran dengan mengeluarkan percikan air.

Memang, air yang keluar tidak akan sebesar dari pemadam kebakaran. Namun, alat ini bisa Anda gunakan sebagai upaya meredam atau menghentikan kebakaran dengan skala yang masih kecil.

  • Perlindungan 24/7 dari Kebakaran

Fire sprinkler merupakan alat pemadam otomatis yang dapat bekerja selama 24 jam penuh. Hal ini dapat memberi perlindungan yang lebih optimal terhadap api kebakaran yang bisa muncul kapan saja. Alat ini bisa tetap bekerja sekalipun sedang tidak ada orang pada ruangan tersebut karena sistem kerjanya memang otomatis.

  • Menyelamatkan Nyawa

Kebakaran tidak hanya bisa menghanguskan bangunan dan benda-benda sekitarnya, tetapi juga dapat menjadi ancaman bagi nyawa para karyawan. 

Pasalnya, ketika terjadi kebakaran di suatu gedung atau properti, api bisa memblokir jalan untuk melarikan diri. Selain itu, api juga bisa membuat bangunan pada gedung tersebut runtuh.

Namun, dengan menggunakan fire sprinkler minimal bisa meminimalisir adanya kejadian tersebut.  Pasalnya, alat ini dapat mencegah api kecil menyebar dan menjadi semakin besar. Dalam waktu tersebut, para penghuni kantor bisa segera pergi menyelamatkan diri.

  • Meminimalisir Kerugian Materi

Kerugian finansial dapat terjadi oleh bencana kebakaran yang terjadi di perkantoran. Tentunya, hal ini bisa berakibat besar pada operasional perusahaan. Mulai dari kehilangan properti, benda, hingga nyawa. Oleh karena itu, alat pemadam otomatis ini diperlukan untuk mencegah kerugian besar terjadi.

Cara Kerja Fire Sprinkler

Cara kerja dari pemadam api otomatis ini cukup kompleks. Dalam penggunaannya, alat ini sangat bergantung pada tandon air. Tandon inilah yang akan jadi penyedia air untuk memadamkan api saat terjadi kebakaran. Pemasangan alat ini pun dilakukan sesuai SNI (Standar Nasional Indonesia) 03-3989-2000 sehingga sudah pasti keamanannya.

Ketika kebakaran terjadi, alat ini baru akan bekerja ketika suhu di sekitar sudah mencapai panas 68 derajat celcius. Pada suhu tersebut, alat ini akan langsung terbuka dengan sendirinya, diikuti oleh aliran air yang keluar dari bagian kepala sprinkler

Selanjutnya, clapper akan terbuka dan menyebabkan seat yang berada pada  dalam alarm check valve ikut terbuka. Air akan terus mengalir sampai ke pipa trim dan menyalakan alarm kebakaran. 

Setelah itu, air akan berhenti di alarm gong, sprinkler, dan pressure switch. Kuantitas aliran air yang akan keluar akan menyesuaikan  dengan besarnya api yang muncul. Sistem seperti ini dapat membantu efisiensi air yang disemprotkan oleh alat tersebut.

Baca Juga: Berikut Manfaat Meningkatkan Keamanan Data Bisnis Anda

Selain untuk perkantoran, pemasangan fire sprinkler juga bisa dilakukan di rumah Anda. Anda bisa mendapatkan alat ini di Smart Office, solusi peralatan modern untuk smart home dan smart office.

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles