Berikut Manfaat Meningkatkan Keamanan Data Bisnis Anda

Share
manfaat keamanan data bisnis

Saat ini, teknologi digital sudah umum digunakan oleh banyak pihak, termasuk berbagai jenis perusahaan dan kantor modern. Ada berbagai kemudahan yang bisa Anda dapatkan dari teknologi yang berkembang pesat belakangan ini. Namun, jangan sampai Anda mengabaikan aspek keamanannya, karena ada berbagai manfaat keamanan data bisnis.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan keamanan data bisnis tersebut? Lalu, mengapa keamanannya sangat penting untuk diperhatikan dan dijaga dengan baik? Intip penjelasan berikut dan pastikan semua data bisnis Anda telah berada dalam tempat yang aman!

Mengenal Keamanan Data Bisnis

Dengan memanfaatkan berbagai teknologi digital, Anda dapat melakukan penyimpanan data bisnis dengan lebih mudah, cepat, dan praktis. Namun, kemudahan tersebut juga memiliki risiko keamanan yang perlu menjadi perhatian, karena pencurian dan penyalahgunaan data seringkali terjadi. Data bisnis memang perlu dijaga dengan sistem keamanan yang mumpuni. Apa saja yang termasuk dalam jenis data bisnis ini? Data tersebut akan tergantung jenis bisnis atau perusahaan yang dijalankan, namun secara umum dapat memuat hal-hal di bawah ini:

  • Data sumber daya manusia atau karyawan
  • Berbagai data sensitif yang tersimpan di dalam cloud
  • Data dalam bentuk cetak atau hardcopy
  • Back-up dari data-data penting
  • Pesan suara
  • Akun-akun media sosial
  • Riwayat komunikasi
  • Pesan suara
  • Data kartu kredit, debit, dan berbagai akses keuangan lainnya
  • Data yang tersimpan di perangkat lainnya, misalnya kartu memori HP, komputer rumah, laptop, drive, flashdisk, dan perangkat lainnya yang bisa digunakan karyawan.

Selanjutnya, keamanan data bisnis merupakan regulasi dan prosedur yang dapat melindungi data dari berbagai ancaman. Misalnya, kerusakan, penyebaran, modifikasi, pemalsuan, dan berbagai penyalahgunaan data lainnya.

Maka dari itu, dibutuhkan perlindungan terhadap akses jaringan, upaya aktivitas, program, sistem, perangkat, situs, media sosial, dan sebagainya.

Manfaat Keamanan Data Bisnis

Setelah memahami tentang apa itu keamanan data bisnis, maka selanjutnya Anda juga perlu mengetahui apa saja manfaat dari sistem keamanan tersebut.

1. Memberikan Perlindungan Ekstra terhadap Perusahaan

Manfaat keamanan data bisnis yang pertama yaitu Anda dapat memberikan berbagai perlindungan secara lebih ekstra untuk bisnis atau perusahaan. Berbagai perlindungan digital dibutuhkan supaya keamanan data dapat terjaga dengan baik.

Pihak karyawan juga dapat melakukan berbagai penjelajahan di internet tanpa perlu merasa khawatir akan ada data yang tersebar atau serangan digital untuk perusahaan.

2. Melindungi Informasi Pribadi dan Mencegah Penyalahgunaan

Sesuai penjelasan sebelumnya, salah satu data penting dari perusahaan yaitu sumber daya manusianya, atau data karyawan di dalam perusahaan tersebut. Saat ini, sudah semakin marak terjadi pencurian data pribadi, sehingga dapat digunakan untuk berbagai tindakan yang salah.

Penyalahgunaan data tersebut dapat dicegah dengan adanya sistem keamanan yang baik dari perusahaan, terlebih sistem keamanan digitalnya.

3. Keamanan bagi Karyawan Lebih Terjaga

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, jika data karyawan telah terjamin keamanannya, maka hal tersebut akan membuat mereka merasa semakin aman untuk melakukan berbagai aktivitas kerja.

4. Menjaga Produktivitas Karyawan

Manfaat keamanan data bisnis yang berikutnya yaitu menjaga produktivitas karyawan. Jika karyawan merasa aman, maka produktivitasnya pun dapat terjaga dengan lebih baik.

Selanjutnya, ketika berbagai akses yang diperlukan oleh perusahaan telah berada dalam tempat yang aman dan tidak ada virus di dalamnya, maka setiap karyawan pun tidak terhambat untuk bekerja.

5. Mengurangi Risiko Tindakan Kriminal

Manfaat keamanan data bisnis yang selanjutnya yaitu dapat mengurangi risiko terjadinya tindakan kriminal.

Meski sudah berhati-hati, mungkin saja Anda masih bisa menemui berbagai tindakan kriminal di sekitar. Hal ini juga bisa saja terjadi di lingkungan perusahaan, sehingga perlu diantisipasi semaksimal mungkin.

Dengan memperbaiki keamanan data bisnis, maka Anda juga bisa meminimalisir berbagai risiko tindakan kriminal yang mungkin terjadi.

6. Meminimalisir Risiko Kerugian Perusahaan

Masih terkait dengan manfaat keamanan data bisnis pada poin sebelumnya, manfaat selanjutnya yaitu Anda dapat meminimalisir risiko kerugian bagi perusahaan. Dengan menjaga setiap data dan jaringan dengan baik, maka Anda bisa mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan.

7. Memberikan Kebebasan untuk Berpendapat

Selanjutnya, manfaat keamanan data juga bisa menjamin berbagai kebebasan berpendapat bagi pihak-pihak yang terlibat dengan perusahaan.

Ketika privasi dan keamanan data terjamin, maka Anda bisa turut memberikan kebebasan berpendapat bagi para karyawan, konsumen, klien, atau pihak-piak lain yang terlibat dengan perusahaan.

Sebaliknya, jika setiap pergerakan mereka diawasi atau data pribadi mereka tidak terjamin, hal tersebut dapat menjadi penghalang untuk mengutarakan pendapatnya.

8. Sebagai Solusi Komprehensif

Jika melihat kembali berbagai penjelasan di atas, maka manfaat keamanan data bisnis bisa menjadi solusi komprehensif bagi perusahaan Anda. Ini merupakan langkah yang cukup efektif untuk menjaga berbagai data penting dari perusahaan.

Itulah penjelasan tentang keamanan data bisnis dan manfaatnya. Jika data tersebut dijaga dengan baik, maka berbagai pihak dapat merasakan manfaatnya, mulai dari pihak perusahaan, karyawan, hingga konsumen.

Saat ini, berbagai jenis perusahaan dan kantor sudah mulai memaksimalkan penggunaan teknologi digital. Namun, tentunya hal tersebut perlu diimbangi dengan keamanan yang baik.

Untuk dapat menciptakan kantor pintar dengan berbagai penerapan teknologi digital yang aman, termasuk manfaat keamanan data bisnis, maka Smart Offices dapat menemani proses Anda! Silakan kunjungi laman berikut untuk mencari berbagai inspirasi terkait kantor modern yang aman, nyaman, dan efisien!

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles