Apa Itu Smart Home? Ini Pentingnya Kantor Pakai Sistem Canggih

Share
Apa Itu Smart Home smart offices peralatan kantor modern

Semenjak munculnya sistem kerja online, memiliki produk smart home di rumah dan di kantor menjadi hal penting. Meskipun sudah banyak orang yang mengetahui tentang apa itu smart home, sayangnya, masih sedikit kalangan yang menerapkannya. Padahal, smart home memberikan banyak kemudahan jika diaplikasikan pada area kantor dan rumah.

Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang smart home dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, silahkan menyimak ulasan berikut ini. 

Mengenal Apa itu Smart Home dan Cara Kerja Sistemnya

Sistem kerja smart home pada dasarnya membutuhkan kabel serta perangkat khusus. Namun, di era teknologi digital yang semakin berkembang, Anda sudah bisa menggunakan perangkat nirkabel yang terhubung langsung lewat koneksi wifi. Jadi, setiap perangkat di dalam rumah ataupun di area kantor bisa diubah ke dalam sistem smart home melalui jaringan wifi. 

Tren smart home yang telah merambah ke smart office membuat banyak perusahaan juga melakukan kerja sama dengan perusahaan teknologi digital seperti Google, Apple, Nanoleaf, ataupun Eve. 

Bagi Anda yang masih bingung untuk mendefinisikan apa itu smart home dan hubungannya dengan perangkat rumah, maka jangan beranjak dulu dari artikel ini. 

Jadi, sistem smart home dapat didefinisikan sebagai sistem yang mengelola rumah dan telah diintegrasikan dengan teknologi tingkat tinggi serta memanfaatkan sistem otomatisasi rumah. Sistem ini akan memudahkan Anda untuk mengontrol banyak aspek hunian lewat sebuah gadget

Beberapa aspek hunian yang dimaksud dapat berupa pengaturan cahaya lampu, pengaturan fasilitas dapur, fasilitas kamar tidur hingga fasilitas keamanan rumah. 

Oleh sebab itu, smart home menjadi pilihan terbaik untuk menghadirkan keamanan dan kenyamanan maksimal di dalam rumah Anda. Bahkan, saat beraktifitas di luar rumah pun, Anda tetap bisa mengontrol setiap sudut di dalam rumah. 

Pengalaman positif yang diberikan oleh smart home kepada banyak penghuni rumah akhirnya membuat banyak kantor dan perusahaan di dunia pun mengusung konsep smart home menjadi smart office pada lingkungan kerja. 

Kelebihan Smart Home

Setelah mengetahui apa itu smart home, selanjutnya mari membahas tentang kelebihan dan keunggulan yang dimiliki oleh smart home. Secara keseluruhan, kehadiran smart home memberikan kepraktisan dalam berbagai aktivitas. 

Saat Anda ingin mematikan lampu ataupun AC, Anda tidak lagi membutuhkan remote. Cukup satu gawai untuk menjawab beragam kebutuhan rumah Anda.

Dengan menggunakan sistem smart home, Anda pun bisa mengontrol berbagai aktivitas dan perangkat di dalam rumah saat berada di luar rumah. Fitur bel smart door misalnya yang membantu para penghuninya untuk melihat dan berkomunikasi dengan tamu, bahkan ketika penghuni rumah sedang tak berada di rumah. 

Kemudian, ada pula fitur pendeteksi asap yang akan langsung mengirimkan notifikasi lewat smartphone saat rumah berada dalam ancaman kebakaran. 

Beberapa orang yang belum tahu betul apa itu smart home dan keunggulan yang diberikannya mungkin belum menyadari sepenuhnya jika konsep smart home benar-benar sangat praktis dan memudahkan saat diterapkan di dalam hunian ataupun di lingkungan kantor. 

Menariknya lagi, smart home juga menghasilkan listrik yang lebih rendah. Tentu saja, perangkat cerdas yang digunakan ini akan sangat membantu dalam menghemat energi listrik hingga biaya pemakaian listrik. 

Hal ini bisa dibuktikan dari kontrol peralatan rumah yang bisa dilakukan dari mana saja. Jadi, saat berada di luar rumah pun, Anda bisa tetap mengatur berbagai aktivitas peralatan dalam rumah seperti mematikan AC, mengurangi intensitas cahaya lampu rumah dan lain sebagainya. 

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Memerlukan Smart Access Control

Alasan Smart Home perlu Diterapkan di Kantor

Setelah banyak kalangan sudah mengetahui tentang apa itu smart home hingga kelebihan-kelebihan yang dihadirkannya di dalam rumah, maka tak heran jika konsep smart home juga diaplikasikan di lingkungan kerja. Jika hunian pintar disebut dengan smart home maka kantor pintar disebut dengan smart office

Beragam kelebihan yang dihadirkan dari konsep smart home menjadi alasan mengapa sebuah perusahaan atau kantor juga perlu mengaplikasikan konsep smart office. Bayangkan, betapa maksimalnya pekerjaan yang dikerjakan oleh setiap karyawan karena didukung oleh komponen-komponen smart office

Selain meningkatkan performa pekerja dan perusahaan, menerapkan sistem smart office juga tentu akan lebih menghemat anggaran perusahaan, terutama untuk biaya listrik dan fasilitas lainnya. 

Bagaimana? Apakah Anda sudah memahami lebih jauh tentang apa itu smart home dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari? Jika Anda tertarik untuk menerapkan konsep smart home di dalam perusahaan maka silahkan menggunakan produk smart office canggih dari Smart Offices.

Berbagai produk yang dihadirkan oleh Smartoffices akan mendukung efisiensi kinerja setiap perangkatnya. Dari segi keamanan, Smartoffice juga telah dilengkapi fitur proteksi yang akan menjaga data dan privasi karyawan dan perusahaan.

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles