Mengenal Big Data untuk Kegiatan Perkantoran

Share
big data smart offices

big data smart offices

Saat ini, zaman telah menjadi serba digital, sehingga informasi menjadi hal yang sangat penting untuk mendukung terlaksananya berbagai hal. Maka dari itu, big data pun kerap dianggap sebagai salah satu hal yang sangat diperlukan, termasuk dalam berbagai kegiatan perkantoran.

Jika Anda belum terlalu paham tentang jenis data yang satu ini, maka kini Anda telah membaca artikel yang tepat. Mari pahami berbagai penjelasannya, serta manfaat dan contoh yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan.

Pengertian Big Data

Sebelum masuk ke dalam pembahasan yang lebih rinci, mari membahasnya terlebih dulu tentang apa itu data. Secara sederhana, data dapat diartikan sebagai sekumpulan informasi yang memuat keperluan tertentu.

Bentuk dari data ini pun bisa bervariasi, misalnya dalam bentuk simbol, angka, kata-kata, dan sebagainya. Data dicari dari berbagai proses pengamatan dan pencarian, sehingga dibutuhkan pendekatan yang tepat supaya bisa mendapatkan data yang valid.

Selanjutnya, big data dapat Anda artikan sebagai kumpulan dari berbagai data, sehingga membentuk volume yang besar dan kompleks. Data tersebut juga bisa bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

Baca Juga: Berikut Manfaat Meningkatkan Keamanan Data Bisnis Anda

Manfaat Big Data pada Perkantoran

Data raksasa ini kini semakin tidak bisa Anda hidari, karena memiliki berbagai manfaat yang penting untuk berbagai hal. Dalam dunia bisnis, perusahaan, dan perkantoran, data tersebut juga dapat berperan penting. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa diterapkan dalam dunia perkantoran dan kebutuhan lain yang ada  pada sekitarnya.

  • Manfaat dalam Promosi

Manfaat pertama dari data ini yaitu dapat digunakan untuk mendukung berbagai perencanaan dan kegiatan promosi. Kantor atau perusahaan dapat melakukan berbagai analisis yang Anda perlukan dengan memanfaatkan data yang sudah ada, misalnya dengan melihat tren terkini yang sedang trending oleh kalangan tertentu,

Selain itu, media untuk melakukan belanja online juga semakin beragam sehingga banyak hal yang bisa Anda pelajari dari sana. Dari data yang sudah terkumpul, Anda bisa melakukan berbagai strategi promosi, sesuai dengan target pasar dan data yang sudah terkumpul untuk mendukung kegiatan tersebut.

  • Jaringan Supplier

Perkantoran juga bisa memakai data ini untuk menawarkan berbagai hal, termasuk jaringan pemasok untuk melengkapi berbagai kebutuhan. Analisis data yang para pemasok butuhkan pun dapat dilakukan dengan lebih baik ketika informasinya sudah tercantum.

Data raksasa yang sudah terdapat dengan berbagai kecerdasan kontekstual ini dapat membuat Anda lebih mudah dalam mempersiapkan berbagai kebutuhan pasokan.

  • Mendukung Inovasi

Dengan adanya data dalam jumlah yang banyak, maka ada semakin banyak wawasan dan dan ide yang bisa dituangkan. Dampaknya, inovasi akan lebih mudah untuk dilakukan dalam berbagai elemen.

Selain itu, Anda juga bisa mencari berbagai data pelanggan yang terkait dengan inovasi yang akan Anda buat, sehingga produk yang dihasilkan dapat lebih memuaskan.

  • Mengidentifikasi Potensi Risiko yang Mungkin Terjadi

Manfaat terakhir yang akan dibahas kali ini yaitu terkait identifikasi potensi risiko. Untuk berbagai kegiatan kantor, bisnis, atau perusahan tentunya memiliki potensi risiko, baik dalam skala kecil maupun besar.

Jika Anda sudah memiliki berbagai data pendukung, maka akan lebih mudah untuk menyusun hal-hal terkait manajemen risiko.

Contoh Penggunaan Big Data

Setelah membahas tentang pengertian dan manfaat, mungkin saja Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang contohnya, berikut adalah penjelasan beberapa contoh penggunaan data ini.

  • Industri Telekomunikasi

Penerapan dari penggunaan data ini dapat membuat para pelaku industri telekomunikasi bisa lebih mudah untuk memprediksi berbagai masalah atau keluhan dari pelanggan.

Selain itu, dapat juga melihat seperti apa periode penggunaan jaringan serta melakukan analisis terhadap alasan pelanggan berpindah ke provider yang lain.

  • Industri Retail

Adanya data dalam jumlah besar ini dapat berguna untuk melihat pergerakan pasokan, mengoptimalkan harga, dan menganalisis loyalitas pelanggan. Selain itu, jika akan melakukan berbagai jenis promosi, maka data tersebut juga bisa dimanfaatkan.

  • Bidang Keuangan dan Perbankan

Dalam dunia keuangan, tentu saja big data menjadi hal yang sangat penting, misalnya dalam melakukan perdagangan saham. Kondisi saham dapat termonitor dengan baik jika data yang tersampaikan sudah lengkap dan valid, terlebih untuk data real-time. Berbagai aktivitas penjualan tidak resmi juga bisa lebih mudah untuk dipantau.

Dalam dunia perbankan, data ini dapat membantu proses operasional dalam berbagai aspek, termasuk dalam mengantisipasi kejahatan yang mungkin terjadi.

  • Industri Media, Hiburan, dan Komunikasi

Selanjutnya, dalam industri media, hiburan, dan komunikasi, tentu saja data menjadi hal penting yang tidak boleh diabaikan. Dengan adanya data pengguna, maka akan lebih mudah untuk melakukan analisis, termasuk untuk mengetahui hal apa saja yang sedang tren.

Itulah berbagai penjelasan yang tentang sekumpulan data dalam ukuran besar ini, termasuk apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari adanya data ini, serta empat contoh penerapan dari data ini.

Pada dasarnya, dunia akan terus berkembang bersama dengan teknologi yang ada didalamnya, sehingga Anda mungkin akan menemui berbagai hal baru seperti penerapan data raksasa ini.

Baca Juga: Memahami Cara Kerja Internet of Things

Jika Anda memiliki kantor atau perusahaan, maka hal-hal seperti big data perlu Anda pelajari dengan baik, supaya pemanfaatannya pun dapat lebih optimal. Selanjutnya, jika Anda sedang mencari berbagai aspirasi tentang kantor modern beserta peralatan dan teknologi pendukungnya, maka jangan lupa untuk kunjungi Smart Office.

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles