7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Memerlukan Smart Access Control

Share
Smart Access Control - Smart Offices

Smart Access Control adalah sistem manajemen keamanan modern yang merupakan salah satu inovasi terkini dalam bidang teknologi. Sebab, sistem ini sudah mengintegrasikan teknologi identifikasi otomatis mikrokomputer dan tindakan manajemen keamanan modern.

Penerapannya melibatkan banyak teknologi baru seperti elektronik, mekanika, optika, teknologi komputer, teknologi komunikasi, bahkan bioteknologi. Sistem ini merupakan langkah efektif untuk mengatasi manajemen keamanan di bisnis atau kantor Anda.

Ada banyak sekali manfaat yang menjadi alasan mengapa suatu bisnis membutuhkan Smart Access Control, terutama bagi bisnis yang lingkungan kerjanya sudah menerapkan konsep Smart Office. Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Minimalisir Kontak Fisik

Dalam konteks bisnis modern, penting untuk memprioritaskan kesehatan dan keselamatan karyawan serta pengunjung. Adanya sistem kontrol berbasis akses cerdas ini menawarkan solusi yang efektif untuk mengurangi kontak fisik.

Apalagi pasca pandemi, kontak fisik berpotensi menyebabkan penyebaran penyakit. Dengan menggunakan sistem kredensial non-kontak seperti kartu akses digital atau teknologi pengenalan wajah, karyawan dan pengunjung dapat membuka pintu tanpa perlu menyentuh.

Ini memastikan bahwa akses ke area bisnis dapat dilakukan dengan lebih aman dan higienis. Dengan mengurangi interaksi langsung, kita secara signifikan mengurangi peluang penularan virus atau penyakit lainnya.

2. Penyesuaian Akses Secara Bebas

Selanjutnya, Smart Access Control dapat memberikan fleksibilitas dalam mengatur akses ke berbagai area dalam bisnis Anda. Sehingga, pihak kantor atau perusahaan dapat dengan mudah menyesuaikan siapa yang memiliki akses ke area tertentu pada waktu-waktu tertentu.

Sebagai contoh, kita dapat membatasi akses hanya kepada karyawan tertentu selama jam kerja biasa, sementara pada jam di luar kerja, kita dapat memberikan izin hanya kepada individu lain yang diizinkan.

Ini memungkinkan pihak bisnis untuk mengelola keamanan dengan lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan Dengan adanya penyesuaian akses secara bebas, Anda juga dapat mengatur tindakan yang lebih dinamis, seperti memberikan izin sementara kepada tamu.

3. Menghindari Alokasi Biaya Berulang 

Dalam sistem keamanan tradisional, orang biasanya menggunakan kunci fisik atau kartu akses yang dapat hilang atau rusak. Jika hal ini terjadi, maka akan memerlukan penggantian yang juga butuh biaya tambahan.

Namun dengan menerapkan Smart Access Control, Anda dapat menghindari biaya berulang tersebut. Sebab, sistem ini sudah mengandalkan teknologi seperti sidik jari, pengenalan wajah, atau kartu akses digital yang dapat diakses melalui smartphone.

Penggunaan teknologi ini mengurangi risiko kehilangan akses dan menghemat biaya berulang yang mungkin diperlukan dalam sistem tradisional. Selain itu, teknologi ini juga menghemat waktu dan usaha karena sistem keamanan ini jauh lebih cepat dan efektif.

4. Mengurangi Tindakan Kriminal

Keamanan adalah aspek penting dalam menjalankan bisnis. Untuk itu, Smart Access Control dapat membantu mengurangi risiko tindakan kriminal di dalam lingkungan bisnis Anda.

Dengan sistem kontrol akses yang canggih, kita dapat mencegah akses yang tidak sah secara lebih efektif. Beberapa sistem bahkan dilengkapi dengan fitur pemantauan dan pengawasan secara real-time.

Ini memungkinkan Anda untuk merespon situasi mencurigakan atau potensi ancaman keamanan dengan cepat. Sistem ini juga dapat memberikan laporan akses yang terperinci, sehingga bisa memantau aktivitas masuk dan keluar dengan lebih akurat.

5. Perlindungan Karyawan

Dengan Smart Access Control, pihak bisnis juga dapat memberikan perlindungan ekstra kepada setiap karyawan. Sehingga, karyawan dapat merasa lebih aman karena hanya individu yang diotorisasi yang memiliki akses ke area kerja.

Seperti penjelasan di poin sebelumnya, hal ini dapat membantu meminimalisir tindakan kriminal dari pihak luar kantor. Sehingga, ini bisa mengurangi risiko insiden yang tidak diinginkan di tempat kerja. 

6. Keamanan Hemat Biaya

Dari segi biaya, Anda bisa menganggap sistem ini sebagai investasi untuk keamanan dalam jangka panjang. Apalagi, kehilangan data sensitif atau insiden keamanan tertentu dapat berdampak besar pada reputasi dan keuangan bisnis.

Dengan menerapkan sistem kontrol akses yang tepat, Anda dapat mengurangi risiko ini dan menghemat biaya jangka panjang yang mungkin Anda perlukan untuk mengatasi konsekuensi dari insiden keamanan tertentu.

Baca Juga: Mengenal Alat Keamanan dalam Smart Office

 

7. Pengelolaan dan Pelacakan Data yang Efektif

Terakhir, sistem kontrol akses yang cerdas juga membantu dalam pengelolaan dan pelacakan data secara lebih efektif. Maksudnya, pihak bisnis dapat dengan mudah melacak siapa yang masuk ke area tertentu, kapan mereka masuk, dan berapa lama mereka berada di dalamnya.

Ini sangat berguna dalam mengelola kehadiran karyawan, menganalisis pola akses, dan membuat laporan keamanan yang akurat. Dengan adanya data yang tercatat dengan baik, Anda dapat mengidentifikasi tren dan pola yang mungkin memerlukan tindakan lebih lanjut.

Sebagai bagian dari konsep Smart Office, sistem ini memiliki banyak sekali manfaat jika diterapkan pada bisnis atau perusahaan Anda. Adapun Smart Office adalah suatu pendekatan yang mengintegrasikan antara teknologi cerdas dengan lingkungan kerja fisik.

Untuk mewujudkan tempat kerja berbasis Smart Access Control, Smart Offices adalah solusinya. Pelajari berbagai inspirasi kantor modern dan peralatan kantor yang dapat meningkatkan keamanan, kenyamanan dan efisiensi kerja di halaman blog kami.

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles