Mengenal Alat Keamanan dalam Smart Office

Share
Alat Keamanan dalam Smart Office peralatan kantor modern

Kantor yang ideal bukan hanya nyaman bagi karyawan, tetapi juga aman. Nah, untuk mewujudkannya, Anda bisa menggunakan alat keamanan yang sudah berbasis teknologi terbaru dan mengimplementasikan smart office

Ada banyak security equipment yang wajib ada ketika menerapkan smart office. Beberapa akan diulas dalam artikel ini. Simak, yuk!

Tipe Alat Keamanan yang Wajib Ada di Smart Office

Security equipment dalam smart office, umumnya berfungsi untuk bisa mendeteksi ancaman, memberi peringatan tim keamanan ketika ada hal-hal yang mencurigakan atau karyawan membutuhkan layanan darurat. 

Selain itu, alat ini juga bisa digunakan untuk membatasi akses ke beberapa ruang atau gedung. Dengan begitu, hanya orang yang diizinkan yang bisa memasuki area tersebut. 

Nah, untuk bisa menciptakan smart office yang canggih dan aman, Anda memerlukan alat keamanan berikut. 

  • Sistem Akses Kartu

Dengan sistem akses kartu ini, Anda dapat membatasi siapa saja yang dapat memasuki area kantor. Orang yang tidak berwenang tidak akan bisa memasuki area kerja para karyawan. 

Dengan adanya sistem ini, ruang-ruang khusus yang digunakan untuk menyimpan dokumen rahasia atau dokumen penting kantor akan lebih aman. Sebab, hanya orang-orang tertentu yang bisa memasuki dan mengambil dokumen di dalamnya. 

  • Fingerprints Access

Selain membatasi akses ruangan menggunakan kartu, Anda juga bisa menggunakan alat keamanan biometrik berbasis fingerprints. Sistem ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencatat kehadiran karyawan. 

Dengan fingerprints access, karyawan juga bisa terhindar kehilangan kartu atau lupa membawa kartu akses. Manajemen juga lebih menghemat dana untuk pencetakan kartu akses ruangan. 

  • Kamera CCTV

Alat ini sudah banyak digunakan baik kantor biasa atau smart offices. Sebab, melalui kamera ini, semua tindak-tanduk karyawan di lingkungan kantor akan dapat dipantau. Begitu ada orang yang mencurigakan, tim keamanan dapat bergerak cepat untuk menangkapnya. Sehingga, hal-hal buruk yang tidak diinginkan dapat dicegah. 

  • Intercom 

Smart offices juga meliputi alat komunikasi yang mumpuni untuk memudahkan tim keamanan dalam berkomunikasi dengan karyawan. Nah, alat keamanan yang tepat itu adalah intercom. Dengan adanya intercom, tiap karyawan dari masing-masing divisi akan lebih mudah dalam berkomunikasi. 

  • Sistem Pendeteksi Bahaya

Ketika ada kejadian darurat di kantor, tim keamanan maupun karyawan bisa sigap dalam bertindak dengan adanya sistem pendeteksi bahaya. Sistem ini biasanya meliputi detektor asap, sensor kebakaran yang mendeteksi tingkat karbon monoksida maupun karbondioksida serta tingkat kenaikan suhu dalam suatu ruangan. 

Dari sensor itu, akan keluar alarm kebakaran yang memberikan sinyal kepada semua penghuni kantor untuk segera melakukan evakuasi diri dan berada di titik kumpul yang sudah disediakan. 

  • Panic Button

Tombol ini berfungsi untuk mengirimkan sinyal darurat kepada pihak berwenang serta membunyikan alarm khusus. 

Nah, tombol ini wajib ada untuk mengantisipasi terjadinya pencurian atau terorisme. Jadi, ketika ada orang asing yang masuk dan melakukan tindakan berbahaya, karyawan dapat menekan panic button ini untuk mengirimkan tanda ke petugas keamanan. 

Dengan begitu, tim keamanan akan segera melakukan tindakan penyelamatan. Apabila dibutuhkan tindakan medis, mereka juga bisa segera menghubungi ambulance. 

  • Door Lock

Smart offices tidak akan lengkap tanpa adanya door lock. Alat ini digunakan untuk mengunci pintu ruangan secara otomatis begitu pemiliknya tidak ada di dalam. Untuk membukanya, Anda memerlukan kartu akses khusus atau pin yang dapat diubah-ubah setiap waktu. 

Keuntungan lain dari door lock, Anda juga bisa memantau siapa saja yang masuk ke ruangan melalui aplikasi khusus yang terhubung dengan sistem ini. Bahkan, kontrol pintu dapat dilakukan secara jarak jauh menggunakan aplikasi. 

  • Alarm dan Sensor

Meskipun ini termasuk sistem keamanan lama, tetapi masih digunakan dan wajib ada di smart office. Sebab, alat ini bisa menjadi detektor gerak sekaligus alarm khusus untuk area-area tertentu yang bersifat privat atau rahasia. 

Misal, untuk ruang khusus server dan penyimpanan data keuangan perusahaan hanya dapat diakses oleh orang tertentu dengan ciri-ciri khusus. Ketika ada orang asing yang memasuki ruangan tersebut, maka alarm merah akan berbunyi dan memberi tanda ke petugas keamanan. 

Rekomendasi Alat Keamanan Terbaik

Kalau mau mengimplementasikan smart offices, Anda wajib menyediakan delapan security equipment tersebut. Sebab, kedelapan alat tersebut memiliki fungsi masing-masing yang saling melengkapi dan memberikan keamanan kepada karyawan. 

Nah, untuk mendapatkan alat keamanan tersebut dengan mudah, Anda bisa bekerjasama dengan Smartoffices. Banyak produk security equipment berbasis teknologi modern canggih yang dapat mengamankan gedung perkantoran Anda. Dilengkapi pula dengan aplikasi yang akan memudahkan Anda dan jajaran manajemen untuk memantau dan mengontrol dari jarak jauh.

Jangan lupakan dengan garansi resmi dan layanan unggul dari Smartoffices yang akan siap membantu selama pemasangan maupun penggunaan security equipment. Jadi, gunakan sekarang juga produk-produknya ya!

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles