Keunggulan Smart Office Dibanding Konsep Kantor Lainnya

Share
seorang pria muda tersenyum tampan menggunakan kemeja sedang duduk di sofa sambil memainkan smartphone Smart Offices solusi kantor modern di Indonesia

Tak hanya diterapkan di rumah, kini konsep smart office mulai menjadi sebuah trend. Keunggulan smart office sangatlah banyak dan tentu akan menguntungkan perusahaan serta karyawannya. Dengan berbagai teknologi yang canggih, karyawan akan lebih produktif dan merasa nyaman.

Apalagi, konsep ini sudah mulai diterapkan oleh beberapa kantor dan direncanakan akan dipadukan dengan AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan. Smart office yang memanfaatkan perangkat teknologi terbaru ini dapat menghubungkan karyawan di lokasi manapun. 

Pemanfaatan konsep ini dapat menjadikan kantor Anda menjadi lebih efisien, mengurangi biaya operasional serta membangun lingkungan kerja yang nyaman bagi karyawan. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai smart office serta keunggulannya, baca artikel ini hingga akhir!

Mengenal Smart Office serta Penerapannya

Jika Anda ingin menerapkan smart office di kantor atau perusahaan Anda, sebaiknya kenali dahulu definisi serta bagaimana penerapannya. Smart office atau kantor pintar adalah sebuah konsep yang memanfaatkan teknologi cerdas serta IoT (Internet of Things) untuk diimplementasikan pada lingkungan kerja. 

Mayoritas perkantoran di Indonesia masih belum menerapkan konsep smart office. Hal ini disebabkan kebutuhan industri perkantoran akan sistem ini masih sedikit. Ditambah lagi, sumber daya yang tersedia masih belum mampu mendukung terciptanya konsep smart office

Untuk penerapannya sendiri, smart office membutuhkan berbagai perangkat yang menjadi komponen penting dalam konsep ini. Berikut adalah beberapa komponen yang harus ada dalam kantor cerdas Anda:

1. Sistem Keamanan Canggih

Berbagai fasilitas yang menjadi keunggulan smart office akan membantu Anda untuk mengontrol serta memperketat keamanan kantor. Dengan begitu karyawan merasa lebih aman dan seluruh aset kantor bisa dijaga dengan lebih baik.

2. Smart Air Conditioner

Cuaca yang panas tentu membuat karyawan tak bisa bekerja dengan fokus. Maka dari itu komponen yang harus ada di smart office adalah AC yang disertai dengan teknologi dan fitur yang modern.

3. Smart Lamp

Penerangan juga menjadi komponen penting. Anda bisa memonitornya menggunakan sistem yang ada seperti smart lamp. Teknologi ini membantu karyawan dalam melakukan kegiatan kantor dengan pencahayaan yang tepat dan pengaturan onoff melalui sistem cerdas.

4. Smart Desk

Sebagai terobosan dari teknologi IoT yang menjadi keunggulan smart office, smart desk bisa menunjang optimasi karyawan dalam menjalani pekerjaannya. Apalagi untuk beberapa kantor yang mengharuskan karyawannya untuk duduk dan menggunakan komputer dalam waktu lama.

5. Smart Conference Room

Fasilitas atau komponen yang selanjutnya adalah smart conference room. Teknologi yang diterapkan akan mendukung kantor dalam pengelolaan konferensi serta segala fasilitas pendukungnya. 

6. Fasilitas Tambahan

Adanya smart office membantu kantor untuk mengelola berbagai fasilitas tambahan seperti smart parking, cleaning services serta sistem helpdesk.

Keunggulan Smart Office Dibandingkan Konsep Lainnya

Smart office menjadi sebuah sistem yang banyak memberikan manfaat bagi kantor karena berbagai keunggulan yang dimiliki. Berikut ini adalah berbagai keunggulan dari smart office:

1. Penggunaan Teknologi yang Mencerdaskan Karyawan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, konsep ini akan memanfaatkan berbagai jenis teknologi canggih. Contohnya seperti IoT, analitik data, AI serta berbagai macam sensor. 

Diharapkan penerapan teknologi ini membantu karyawan lebih produktif, meningkatkan efisiensi dan pengalaman kerja. Tak hanya itu, mereka juga bisa mendapatkan berbagai ide baru dan cepat tanggap dalam menyelesaikan masalah yang ada. 

2. Perlindungan Privasi dan Monitoring Data Karyawan

Keunggulan smart office lainnya juga tersedianya perlindungan privasi untuk karyawan yang bekerja. Berbagai data pribadi karyawan juga akan dijaga ketat karena dihubungkan dengan perangkat cerdas. 

Dengan begitu, Anda bisa mengawasi data karyawan dari hal yang tidak diinginkan seperti diretas atau hilang. 

3. Kontrol Penggunaan Listrik

Anda bisa mengontrol penggunaan sumber daya seperti listrik. Sebelumnya telah disebutkan smart lamp yang menjadi komponen smart office. Sensor, AI serta IoT bisa mengatur waktu kapan lampu dimatikan dan dinyalakan. Ini adalah salah satu cara menghemat listrik.

4. Mendukung Kerja Remote

Kini banyak kantor di Indonesia yang menerapkan sistem kerja remote. Segala kegiatan karyawan dilakukan secara online. Dengan begitu pekerjaan jadi lebih fleksibel tanpa harus datang ke kantor. 

Ditambah konsep ini membuat pekerjaaan bisa dilakukan meski karyawan berada di luar daerah baik dalam maupun luar negeri. Inilah yang menjadi keunggulan smart office dibanding konsep lainnya.

5. Memiliki Ekosistem yang Terintegrasi 

Banyak karyawan tentunya lebih menyukai kantor yang memanfaatkan teknologi IoT. Hal ini karena mereka bisa menggunakan berbagai perangkat yang terhubung internet dan bisa bekerja dengan lebih praktis.   

6. Pengeluaran Biaya Kantor Berkurang

Berbagai komponen canggih yang telah disebutkan sebelumnya dapat menekan biaya operasional dan tentunya Anda bisa lebih hemat. Alokasi biaya pengeluaran kantor bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya yang juga penting. 

Tingkatkan Keamanan dan Kenyamanan Kantor dengan Smart Offices

Tentu Anda tidak menginginkan produktivitas kantor menurun, bukan? Maka dari itu, sebaiknya Anda mulai menerapkan konsep kantor cerdas ini. Apalagi dengan berbagai keunggulan smart office, kantor Anda bisa dimudahkan dalam urusan apapun. 

Baca Juga: 7 Contoh Smart Office di Dunia

Tak perlu khawatir jika Anda membutuhkan inspirasi kantor cerdas serta peralatannya, ada Smart Offices, brand terpercaya yang menyediakan semua kebutuhan Anda. Dengan alat-alat modern yang disediakan, Anda bisa meningkatkan keamanan, kenyamanan serta efisiensi pekerjaan.

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles