12 Inspirasi Desain Ruang Meeting Kantor Bikin Diskusi Interaktif

Share
12 Inspirasi Desain Ruang Meeting Kantor Bikin Diskusi Interaktif

Ruang meeting atau ruang rapat merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah kantor, sebab menjadi tempat berkumpulnya karyawan untuk berbagi ide dan pemikiran. Karena itu, penting untuk membuat desain ruang meeting kantor yang nyaman, rapi, dan kekinian.

Desain ruang meeting dapat digunakan untuk berdiskusi dengan nyaman banyak menjadi idaman bagi setiap karyawan perusahaan. Sebab, desain yang tepat dapat memengaruhi produktivitas dan kreativitas para pekerja di dalam ruangan.

Daftar Inspirasi Desain Ruang Meeting Kantor yang Interaktif

Dalam menciptakan ruang meeting yang cocok untuk berdiskusi secara interaktif, terdapat beragam gaya desain yang bisa diadopsi sesuai dengan kebutuhan atau karakter perusahaan. Berikut adalah beberapa inspirasi yang bisa dijadikan sebagai referensi.

1. Desain Ruang Meeting Modern

Sesuai namanya, desain ruang meeting berkonsep modern menawarkan suasana futuristik dengan sentuhan minimalis. Karena itu, jenis desain ini biasanya memanfaatkan penggunaan teknologi canggih

Selain itu, perabotan ergonomis dan pengaturan cahaya yang cerdas juga bisa membantu menciptakan suasana profesional yang modern dan  kekinian.

2. Desain Ruang Meeting Minimalis

Konsep minimalis menekankan pada kesederhanaan. Dengan penekanan pada elemen-elemen esensial, ruang meeting yang bersifat minimalis dapat menciptakan suasana lebih bersih, rapi, dan efisien.

Untuk menerapkannya, hindari unsur-unsur desain yang berlebihan. Dengan desain minimalis, proses diskusi dan kolaborasi menjadi lebih fokus tanpa distraksi visual berlebihan.

3. Desain Ruang Meeting Kecil

Meskipun berukuran kecil, ruang meeting dapat tetap interaktif. Desain ruang meeting kantor berukuran kecil ini sangat cocok untuk diterapkan pada perusahaan yang memiliki space atau area terbatas.

Solusinya, pilihlah furnitur dan elemen desain yang ukurannya compact, dan hindari aksen dekorasi yang sifatnya tidak terlalu penting bagi kebutuhan rapat. Selain itu, tempatkan seluruh elemen secara efisien untuk memaksimalkan penggunaan ruang.

4. Desain Ruang Meeting Open Space

Saat ini, konsep open space atau ruang terbuka sudah banyak diterapkan di berbagai lingkungan kerja. Konsep ini menghadirkan ruang rapat yang desainnya bersifat terbuka, sehingga memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup.

Karena tidak terdapat pembatas fisik, desain ini sangat cocok untuk menghadirkan suasana diskusi yang dinamis dan lebih santai di ruang kerja.

5. Desain Ruang Meeting Kreatif

Desain ruang meeting kantor dengan konsep kreatif melibatkan penggunaan berbagai elemen dekorasi yang unik dan inspiratif. Contohnya seperti dinding bergambar, perabotan unik, dan lain-lain.

Adanya berbagai elemen dekorasi tersebut dapat membangkitkan ide-ide segar dan meningkatkan kreativitas saat berdiskusi.

6. Desain Ruang Rapat Scandinavian

Konsep Scandinavian mengacu pada desain yang minimalis, fungsional, dan bernuansa alami dengan gaya ala negara Skandinavia seperti Norwegia, Finlandia, Islandia, Denmark, Swedia.

Penggunaan elemen kayu, tekstil alami, dan perabotan sederhana dapat membantu menciptakan ruang meeting yang menenangkan.

7. Desain Ruang Meeting Industrial

Inspirasi desain ruang meeting kantor selanjutnya yaitu dengan menggunakan gaya industrial. Jenis desain ini memiliki tampilan seperti bangunan industri modern.

Salah satu cirinya yaitu dengan menggunakan material industrial seperti beton, besi, dan dinding bata pada elemen ruangan. Desain ini dapat menciptakan suasana yang tegas dan berkarakter.

Baca juga: Simak 7 Desain Kantor Modern yang Bikin Betah

8. Desain Ruang Meeting Kontemporer

Gaya kontemporer adalah jenis desain menggabungkan unsur-unsur terbaru. Bedanya, jika gaya modern lebih mengacu pada abad ke-20an, maka gaya kontemporer lebih cenderung menggunakan desain kekinian.

Desain ini sangat cocok untuk menciptakan suasana ruang meeting yang elegan namun tetap nyaman digunakan berdiskusi.

9. Desain Ruang Meeting Klasik

Inspirasi berikutnya adalah desain bergaya klasik. Desain ruang meeting kantor yang bernuansa klasik dapat menciptakan kesan mewah dan elegan.

Untuk menerapkannya, Anda bisa menggunakan ornamen yang khas, perabotan antik, serta warna-warna hangat. Selain itu, hindari motif dekorasi yang terlalu ramai untuk memperkuat kesan yang klasik.

10. Desain Ruang Meeting Homey

Ruang meeting dengan sentuhan homey dapat menciptakan suasana yang hangat, nyaman, dan santai seperti berada di rumah sendiri. Biasanya, konsep desain ini diterapkan oleh perusahaan startup.

Perabotan yang nyaman, pencahayaan lembut, dan dekorasi ala rumahan akan membantu menciptakan lingkungan yang lebih informal dan santai.

11. Desain Ruang Meeting Konsep Cafe

Menghadirkan konsep cafe dalam ruang meeting dapat menciptakan suasana santai dan informal. Area duduk yang nyaman, dekorasi menarik, dan penyajian makanan dan minuman akan menciptakan suasana yang santai namun tetap produktif.

Konsep ini sangat ideal untuk pertemuan dengan suasana yang tidak kaku, sama seperti lingkungan coworking space.

12. Desain Ruang Meeting White Clean

Dominasi warna putih dalam desain ruang meeting dapat menciptakan kesan ruangan yang bersih, lebih luas, dan minimalis.

Warna putih juga membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus dalam berdiskusi. Oleh karena itu, desain ruangan yang didominasi warna putih sangat cocok untuk menciptakan suasana yang tenang dan profesional.

Baca Juga: Inspirasi Desain Kantor Modern Kontemporer yang Keren

Percayakan Smart Offices untuk Ciptakan Kantor Cerdas yang Modern

Apa pun jenis desain ruang meeting kantor yang dipilih, ciptakan kantor cerdas dengan fitur modern berbasis IoT bersama Smart Office. Untuk mempelajari berbagai inspirasi kantor modern dan peralatan yang dapat meningkatkan keamanan, kenyamanan dan efisiensi kerja, kunjungi halaman blog berikut.

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles