Inspirasi Eksterior Kantor Modern yang Memukau

Share
inspirasi eksterior kantor modern Smart Offices solusi kantor modern di Indonesia

Desain kantor modern kini mulai banyak diaplikasikan di gedung perkantoran di kota-kota besar. Hal ini terjadi akibat maraknya tren perusahaan startup yang terkenal modern dan kekinian. Hingga akhirnya menjadi inspirasi.

Eksterior kantor modern yang sering kita jumpai adalah yang mempertimbangkan faktor estetika dan memanjakan mata . Hal ini tentu dapat membantu meningkatkan daya tarik perusahaan.

Untuk mewujudkan eksterior kantor bergaya modern, Anda perlu mempersiapkan konsep serta tren terbaru yang sesuai. Jika Anda tertarik memiliki kantor dengan eksterior yang modern, maka simak artikel berikut sampai habis.

Contoh Eksterior Kantor Modern

Eksterior memegang peran besar dalam suatu bangunan perkantoran. Semakin bagus tampilannya, maka pandangan masyarakat terhadap perusahaan tersebut juga akan semakin baik. Adapun beberapa gedung kantor di Jakarta yang sudah menggunakan eksterior bergaya modern ialah:

1. Desain Kantor Ramah Lingkungan – Sequish Tower

Gedung kantor dengan 39 lantai dan luas bangunan mencapai 73.000 m2 ini mengusung konsep smart office dan penerapan teknologi ramah lingkungan serta menggunakan model eksterior kantor modern.

Selain itu, gedung ini adalah bangunan pertama yang mendapatkan sertifikat Leadership in Energy and Environmental Design (LEED) dari USGBC dan merupakan salah satu gedung perkantoran terbaik di Indonesia. 

2. Desain kantor Green Building – Grha Unilever

Gedung yang juga menggunakan konsep eksterior kantor modern ialah Gedung Grha Unilever. Gedung ini merupakan salah satu gedung kantor yang menggunakan konsep modern office ala Silicon Valley.

Bukan hanya itu, gedung yang berdiri di atas lahan 30.000 m2 ini juga menerapkan konsep green building dengan fasad dan site plan yang unik.

Dibangun di Kawasan BSD City, gedung ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas terbaik, seperti pusat layanan kesehatan, tempat olahraga, entertainment room, perpustakaan, masjid, dan masih banyak lagi.

3. Kantor Minimalist Modern – DMHQ

Selain Kawasan BSD, terdapat juga Kawasan perkantoran elit di Jakarta Selatan, yaitu Gedung DMHQ. Cukup berbeda dengan kantor lain, bangunan ini berbentuk seperti rumah mewah yang dimodifikasi menjadi sebuah kantor.

Berdiri di atas tanah seluas 450 m2, gedung ini juga memiliki fasilitas yang lengkap seperti ruang kerja, ruang meeting, ruang staf, area hiburan, lobi, ruang sholat dan lain-lain.

Daya tarik lain yang berbeda dari gedung perkantoran ini adalah suasana seperti di rumah yang sangat kental. Sehingga ketika masuk, Anda tidak merasa seperti sedang berada di kantor untuk bekerja.

Karakteristik Eksterior Kantor Modern

Agar dapat mengeksekusikannya dengan baik, Anda perlu mengetahui apa saja karakteristik yang ada pada kantor – kantor modern berikut ini.

1. Desain dan Material Berkelanjutan (Sustainable Material) 

Saat ini sudah banyak gedung kantor yang menggunakan eksterior kantor modern dan menerapkan desain ramah lingkungan, seperti mengurangi gas emisi dan limbah berbahaya. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan alam serta mencegah kerusakan.

Salah satu upaya yang dilakukan ialah menggunakan lampu LED, pemanfaatan cahaya alami, serta mendaur ulang furnitur untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan.

Selain itu, beberapa material yang digunakan untuk pembangunan gedungnya sendiri juga ramah lingkungan. Seperti misalnya kayu reklamasi, beton, bambu, gabus, logam dan kaca daur ulang. 

2. Ruang Kerja yang Fleksibel 

Berikutnya adalah penerapan ruang kerja yang fleksibel. Hal ini terlihat dari kebebasan para pekerja yang mulai memilih bekerja dari mana saja sehingga dapat menghemat ruang lantai dan biaya operasional harian.

Selain opsi kerja dimana saja, saat ini juga ada ruang kerja terbuka yang dapat menjadi solusi para pemilik bisnis untuk para pekerjanya. 

3. Smart Office 

Smart office bisa menjadi salah satu proses integrasi kantor dengan teknologi modern. Hal ini ternyata tidak hanya dapat membuat lebih ramah lingkungan, para pekerja pun dapat bekerja lebih kreatif. 

Gedung kantor smart office sudah mulai  diterapkan di banyak negara dengan beragam fitur menarik, seperti smart table, keamanan dengan VPN bisnis serta smart conference room untuk meeting skala besar.

4. Konektivitas dan Komunitas

Pandemi Covid 19 beberapa waktu lalu, juga mengubah fungsi kantor yang awalnya hanya tersedia meja, kursi dan lemari mulai berubah. Hal inilah yang akhirnya membuat momen bekerja di kantor adalah momen bertemu dan berkumpul untuk bertukar pikiran dan inspirasi. 

Untuk itu, terpenuhinya ruang komunal di kantor modern akan membuat komunikasi antar pekerja lebih terjaga dan kinerja pekerja tetap stabil.

5. Lingkungan Kerja yang Nyaman

Untuk membuat lingkungan kerja yang nyaman, maka harus disertai dengan peralatan kerja yang fokus memberikan kenyamanan bagi pekerja. Misalnya dengan memiliki peralatan yang ergonomis dan adanya ruang istirahat, olahraga dan rekreasi.

Semua fasilitas ini tidak hanya mendukung kenyamanan pekerja, tetapi juga kesehatan tubuh dan mental mereka agar bekerja lebih baik.

Demikian karakteristik eksterior kantor modern serta contoh penerapannya di beberapa kantor di Jakarta. Semoga penerapan desain kantor seperti ini dapat dirasakan semua orang di seluruh Indonesia. Untuk informasi dan referensi desain kantor, Anda bisa membacanya di SmartOffices.

Baca Juga: Inspirasi Desain Lobby Kantor Modern yang Nyaman dan Berkesan

Sebagai penyedia inspirasi desain kantor modern dan peralatan kantor, SmartOffices akan membantu mewujudkan keinginan Anda memiliki desain kantor modern yang Anda impikan. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lainnya.

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles