Fasilitas Kantor untuk Tingkatkan Produktivitas dan Kenyamanan

Share
coworking space dengan fasilitas kantor lengkap kps toko besi terdekat di jakarta

Fasilitas kantor menjadi salah satu faktor pendukung dan penentu kinerja karyawan. Sebab karyawan lah yang paling banyak menggunakan fasilitas yang ada di kantor. Mereka yang menghabiskan kurang lebih 8 jam hidupnya berada di kantor.

Jika pemilik perusahaan bisa memberikan kenyamanan dan dukungan fasilitas yang memadai, tentu karyawan bisa betah. Jika sudah nyaman, melakukan banyak pekerjaan pun jadi tidak terasa. Untuk itu, penting bagi Anda sebagai pemilik perusahaan agar benar-benar memperhatikan ketersediaan fasilitas.

Namun, bukan berarti Anda harus menyediakan seluruh fasilitas dengan komplit. Anda bisa secara perlahan melakukannya. Selain itu, Anda juga bisa menentukan fasilitas untuk kantor mana yang seharusnya memang perlu ada di kantor Anda.

Fasilitas Kantor yang Wajib ada di Kantor

Berikut ini adalah rangkuman beberapa fasilitas yang wajib ada di kantor. Sehingga dapat menunjang produktivitas dan kenyamanan para karyawan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Ruang Kerja dan Peralatan Kantor yang Memadai

Hal utama yang harus menjadi perhatian adalah mengenai kelengkapan ruang kerja dan dukungan peralatan yang memadai. Setiap divisi atau bidang pekerjaan di kantor Anda tentu membutuhkan ruang dan peralatan yang berbeda-beda. 

Anda harus bisa memenuhi hal ini dan tidak salah dalam pemenuhan kebutuhan peralatan. Tidak mungkin bagi divisi keuangan mendapatkan komputer yang biasa digunakan oleh tim IT dan sebaliknya. 

Komputer divisi keuangan tentu membutuhkan lebih banyak software pengelolaan keuangan. Selain itu, ruang kerja juga sebaiknya dalam bentuk dan ukuran yang layak. Sehingga memudahkan koordinasi dan mobilisasi karyawan.

2. Lahan Parkir yang Luas

Salah satu kenyamanan lainnya yang harus disediakan oleh perusahaan adalah lahan parkir. Akan sangat mengganggu bagi karyawan jika kantor tidak memiliki lahan parkir yang memadai. Maka karyawan harus memarkir kendaraannya jauh dari gedung kantor. 

Hal ini juga bisa menurunkan produktivitas dan membuang-buang waktu. Apalagi untuk karyawan yang mobilitasnya tinggi dan harus pergi kerja lapangan. Jika tempat parkir tidak memadai, hanya akan mengurangi efisiensi dalam mobilisasi. 

3. Ruang Meeting yang Nyaman

Salah satu kegiatan rutin yang biasa dilakukan di perusahaan adalah meeting. Tidak jarang ruang meeting juga menjadi salah satu tempat untuk bertemu dengan pihak dari eksternal perusahaan. Maka dari itu, ruang meeting sebaiknya dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni. 

Pencahayaan yang bagus, sirkulasi udara juga cukup. Dan didukung peralatan seperti speaker, podium, meja, kursi, LCD, alat-alat presentasi yang memadai. Kapasitas maksimal untuk ruang meeting juga perlu dipastikan. 

4. Tempat Ibadah

Tidak sedikit dari kantor yang menyediakan tempat ibadah ala kadarnya. Kadang hanya cukup untuk satu atau dua orang untuk beribadah. Padahal jika kantor mampu menyediakan fasilitas tempat ibadah yang luas, akan memberikan efisiensi waktu bagi karyawan. 

Apalagi jika kantor memang jauh dari masjid. Jika banyak karyawan yang beragama Islam, tentu lebih hemat waktu untuk menyediakan tempat ibadah yang luas dan bersih.

5. Koneksi Internet yang Kencang

Saat ini segala sesuatu harus terhubung dengan internet. Segala jenis pekerjaan jadi dimudahkan dengan fasilitas kantor yang memiliki koneksi internet kencang. Karyawan juga dapat bekerja dengan lebih cepat dengan dukungan internet kencang. 

6. Dapur atau Pantry

Salah satu fasilitas kantor yang juga disenangi oleh karyawan adalah adanya dapur atau pantry. Biasanya karyawan akan membuat sajian minuman favorit mereka di dapur. Kantor juga sebaiknya menyediakan gula dan air panas gratis bagi mereka. 

Biasanya kopi menjadi minuman yang paling laris dibuat. Memiliki mesin coffee maker juga bisa memudahkan dan memanjakan karyawan akan kebutuhan dosis kafeinnya.

7. Ruang Bersantai dan Bermain

Sesekali perlu menghilangkan penat kerja dengan aktivitas bermain dan bersantai bersama rekan kerja. Bayangkan jika terlalu serius bekerja tanpa ada istirahat sejenak, bisa-bisa karyawan terserang burn out. Jika menyediakan fasilitas kantor untuk sekadar rebahan sambil bermain monopoli, puzzle, kartu atau bahkan playstation atau nintendo tentu lebih seru. 

8. Toilet yang Bersih dan Wangi

Fasilitas krusial lainnya adalah toilet yang bersih dan wangi. Menghabiskan separuh hari di kantor tentu mengharuskan penggunaan toilet kantor. Dapat terbayang jika toilet kotor dan bau, tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

9. Alat-Alat Smart Office

Fasilitas yang dilengkapi teknologi mutakhir tentu bisa mendorong produktivitas para karyawan. Saat ini banyak fasilitas kantor yang sudah dilengkapi teknologi pintar. Sehingga dapat memangkas pengerjaan menjadi lebih efisien dan efektif. Banyak hal yang bisa dikerjakan secara otomatis dengan menggunakan peralatan smart office.

Baca Juga: Inilah Alat-Alat Kantor yang Wajib Ada dalam Smart Office

Wujudkan Fasilitas Kantor yang Nyaman Bersama Smart Offices

Kini Anda telah mengetahui fasilitas apa saja yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Tujuannya tentu memberikan kenyamanan bagi karyawan sehingga bisa memicu peningkatan produktivitas. 

Maka, inilah saatnya mewujudkan fasilitas kantor yang nyaman bersama Smart Offices. Smart Offices sebagai brand smart office di Indonesia menyediakan berbagai teknologi canggih yang menunjang keamanan, efisiensi, dan kenyamanan kantor Anda. 

Gunakan produk smart office canggih yang mudah perawatannya dari Smart Offices sekarang!

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles