Digital Whiteboard: Pengertian, Kelebihan & Kekurangan!

Share
digital whiteboard smart offices

digital whiteboard smart offices

Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang digital whiteboard atau papan tulis digital? Atau mungkin, apakah Anda sudah sangat familiar dengan penggunaan jenis papan tulis yang satu ini?

Bagi sebagian orang, papan tulis ini mungkin sudah menjadi teknologi yang kerap orang gunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari, misalnya ketika bekerja atau belajar. Namun, karena teknologi ini masih terbilang cukup baru, maka pastinya masih banyak orang yang belum terlalu familiar dengannya, bahkan mungkin ada yang baru pertama kali mengetahuinya.

Pengertian Digital Whiteboard

Supaya bisa lebih mengenal tentang papan tulis digital ini, maka ada baiknya Anda pahami dulu seperti apa pengertiannya.

Secara umum, ini merupakan sebuah teknologi papan tulis elektronik atau digital yang dapat membuat Anda bisa melakukan berbagai pengoperasian dengan memakai layar sentuh, misalnya untuk menulis atau menggambar.

Menariknya, papan tulis ini juga bisa Anda geser dengan sangat mudah, karena telah terlapisi oleh panel yang bisa mendukung pergeseran tersebut. Maka dari itu, ketika papan tulis sudah mulai penuh, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menghapusnya.

Baca Juga: Fasilitas Kantor untuk Tingkatkan Produktivitas dan Kenyamanan

Kelebihan Digital Whiteboard

Tentunya, banyak orang memilih dan menggunakannya tanpa alasan, karena Anda bisa mendapatkan berbagai kelebihan dari penggunaannya, misalnya sebagai berikut:

  • Dapat Anda manfaatkan untuk Berbagai Jenis Catatan

Dengan memanfaatkan papan tulis ini, maka Anda bisa membuat berbagai jenis catatan, hanya dengan memanfaatkan pen khusus. Anda bahkan bisa membuat diagram untuk berbagai keperluan, sehingga penjelasan pun akan lebih mudah dipahami.

Anda juga bisa menghapus tulisan dengan sangat mudah, karena sudah tersedia berbagai fasilitas yang terdapat pada panelnya, sehingga tulisan dapat terhapus secara langsung.

  • Dapat Tersambung secara Langsung ke Device

Anda dapat menyambungkan papan tulis ini ke komputer atau jenis device lain yang mendukungnya, sehingga Anda pun bisa menampilkan berbagai file dari komputer secara langsung ke papan tulis.

Hal ini bisa menjadikan pekerjaan menjadi lebih efektif, karena bisa memakainya sekaligus sebagai alat presentasi yang optimal. Bandingkan dengan menulis penjelasan secara konvensional, ini dapat menjadi pilihan yang lebih efisien dalam berbagai urusan pekerjaan ataupun pembelajaran.

  • File Hasil Menulis atau Menggambar Dapat Anda Simpan ke Flashdisk atau Penyimpanan Device

Tulisan atau gambar yang ada pada papan tulis digital, dapat langsung Anda simpan pada penyimpanan device atau flashdisk, sehingga Anda bisa mengelola penyimpanan catatan dengan efektif. Anda juga bisa melakukan berbagai penyuntingan setelahnya, sehingga catatan akan lebih optimal.

  • Hemat Listrik

Papan tulis digital ini bisa Anda gunakan secara hemat listrik, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan tagihannya.

  • Pen Tersedia dalam Berbagai Jenis Warna

Jika memakai papan tulis konvensional dan ingin memakai berbagai warna, maka Anda perlu menyiapkan warna-warna yang diinginkan.

Namun, jika Anda memanfaatkan digital whiteboard, maka tidak perlu lagi menyiapkan banyak warna spidol, karena pen yang digunakan dalam papan tulis ini bisa menyediakan berbagai jenis warna.

Hanya dengan satu pen,  bisa memilih warna yang Anda inginkan dan bisa menggantinya sesuai dengan keperluan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menjelaskan secara detail, membuat tanda catatan, dan sebagainya.

  • Penggunaan Kertas Dapat Berkurang

Dalam berbagai keperluan, kertas menjadi salah satu alat tulis yang penting untuk mendukung berbagai pencatatan dan dokumen. Namun, seiring berjalannya waktu, sudah muncul berbagai teknologi yang mendukung penghematan kertas, termasuk papan tulis digital ini.

  • Dapat menjadi Media yang Interaktif

Papan tulis ini juga bisa memberikan fasilitas supaya interaksi bisa dilakukan secara efektif, karena setiap orang yang terlibat bisa menulis atau menggambar dengan mudah melalui whiteboard digital.

Kekurangan Digital Whiteboard

Selain berbagai kelebihan yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada pula kekurangan dari papan tulis digital yang sebaiknya Anda pahami dan pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memakainya.

  • Sulit Menulis dengan Rapi bagi Sebagian Pengguna

Kekurangan yang pertama, menulis dengan papan digital akan terasa sulit bagi sebagian pengguna, terlebih jika ingin tulisannya tampak rapi. Hal ini bisa jadi karena masih banyak pengguna yang belum terbiasa, sehingga butuh lebih banyak pembiasaan supaya bisa memanfaatkannya dengan optimal.

  • Biaya Cenderung Lebih Mahal

Jika Anda membandingkan papan tulis digital dengan konvensional, maka ada biaya-biaya tambahan yang perlu dikeluarkan untuk teknologi digital ini. Pada awalnya, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk berbagai alat pendukungnya.

Hal ini yang mungkin menjadi pertimbangan bagi sebagian orang ketika akan beralih ke teknologi digital whiteboard.

Itulah berbagai penjelasan tentang papan tulis digital yang kini mulai banyak digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk pembelajaran di kelas dan pertemuan-pertemuan profesional pada dunia kerja.

Pada dasarnya, teknologi memang akan terus berkembang, sehingga ada baiknya untuk terus mengikutinya supaya bisa memanfaatkan kelebihannya secara optimal. Namun, kekurangan dari setiap jenis teknologi pun dapat menjadi pertimbangan penting bagi Anda sebelum menggunakannya.

Jika Anda ingin menciptakan kantor yang modern, maka berbagai perkembangan teknologi perlu Anda pelajari dengan matang supaya bisa mendukung kinerja Anda.

Baca Juga: Pengertian, Tujuan, Manfaat & Perangkat Pendukung Otomatisasi Perkantoran

Untuk mencari berbagai inspirasi kantor modern terbaik bagi Anda, silakan langsung kunjungi laman blog Smart Office! Ketahui juga berbagai peralatan kantor yang bisa meningkatkan efisiensi dan kenyamanan, misalnya teknologi digital whiteboard ini.

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles