Contoh IoT Smart Home untuk Kantor Modern

Share
iot system smart home Smart Offices solusi kantor modern

IoT Smart Home merupakan sebuah sistem jaringan yang biasa digunakan dalam instalasi smart home. IoT atau Internet of Things adalah sebuah perangkat komputasi nonstandard yang dapat terhubung tanpa kabel ke jaringan yang memiliki koneksi internet.

Misalnya, alat-alat yang sejatinya berupa perangkat fisik biasa seperti pintu, kamera keamanan dan lainnya dalam sebuah gedung jika dilengkapi sensor maka bisa menjadi peranti IoT. Kemudian, ia bisa memproses data dan mengirimkannya melalui jaringan internet kepada penggunanya. 

Sehingga penggunaan ini membuat sebuah sistem bernama machine to machine. Di mana manusia sebagai pengguna bisa memanfaatkan data dari perangkat-perangkat tersebut demi memudahkan aktivitasnya. 

Inilah Perangkat IoT Smart Home yang Cocok untuk Kantor Modern

Perangkat yang sudah dilengkapi IoT ini membuatnya yang semula hanya benda biasa menjadi teknologi pintar. Tugasnya ada yang hanya mampu mengumpulkan data saja, ada juga yang bisa sampai melakukan analisa dan memberikan insight atau rekomendasi terbaik. 

Semuanya tergantung pada fungsi dan tugas yang dijalankan oleh perangkat tersebut. Berikut ini adalah daftar perangkat IoT yang cocok dipakai untuk kantor Anda.

1. Smart Voice Assistant

Perangkat IoT Smart Home yang paling memudahkan penggunanya dan cocok untuk digunakan di kantor modern adalah smart voice assistant. Perangkat ini memungkinkan Anda untuk mengontrol dan menjalankan alat-alat di kantor dengan perintah suara. 

Selain itu, smart voice assistant juga bisa memberikan jawaban pada pertanyaan-pertanyaan umum dan harian yang biasa Anda tanyakan. Anda bisa dengan mudah mematikan atau menyalakan penggunaan peralatan elektronik yang ada di ruangan dengan peranti satu ini. Membuat segalanya menjadi lebih efisien.

2. Smart Door Lock

Saat ini telah banyak gedung perkantoran yang dilengkapi dengan smart door lock system. Para pengunjung tidak perlu menggeser atau mendorong pintu, jika terlihat orang dalam sensor otomatis maka pintu bisa otomatis terbuka.

Tidak hanya pada pintu utama, saat ini fitur smart door lock adalah sistem utama yang banyak digunakan di berbagai ruangan pada gedung perkantoran. Jenis-jenisnya pun beragam, mulai dari memakai keypad atau kunci kombinasi, keyless dan wireless locks, fob enabled lock, hingga penggunaan fingerprints dan biometrik.

3. Smart DoorBell

Tidak hanya kunci pintu saja yang semakin pintar, saat ini bel pintu atau gerbang di perkantoran juga sudah didukung IoT Smart Home. Sehingga membuat bel menjadi lebih canggih dan praktis.

Anda bisa melihat melalui sensor kamera, siapa yang hendak memasuki gerbang, Bahkan bisa secara otomatis mendeteksi kendaraan atau wajah tertentu yang memang sudah terdaftar ke sistem.

4. Smoke Sensor

Perangkat ini sangat dibutuhkan untuk langkah antisipasi bahaya jika saja sampai terjadi kebakaran. Jika ada asap yang mencurigakan dari dalam gedung, maka smoke sensor akan bekerja menyalakan tanda bahaya. Sehingga kebakaran besar bisa dicegah, Anda bisa mendapatkan notifikasi di smartphone Anda. 

5. IR Remote

Kantor tentu saja dipenuhi dengan alat-alat elektronik, entah yang fungsi memudahkan kinerja karyawan atau pendukung lainnya. Supaya Anda tidak sampai lupa mematikan alat elektronik dan menyebabkan pemborosan listrik, pakai IR Remote solusinya. 

Pada jam pulang kantor semua alat di gedung bisa dimatikan secara otomatis dengan satu remote saja. Tentu saja jadi lebih hemat tenaga dan juga biaya.

6. Motion Sensor

IoT Smart Home selanjutnya yang bisa Anda andalkan adalah perangkat motion sensor. Fitur ini kebanyakan digunakan untuk otomasi nyala daya lampu. Jika Anda bergerak ke toilet, lampu di toilet yang semula mati bisa menyala. 

Begitu Pula jika Anda meninggalkan ruang gudang, maka lampu yang semula menyala bisa menjadi mati. Selain itu, motion sensor juga bisa dipakai di pintu utama. Setiap Anda bergerak mendekati pintu, maka pintu akan otomatis bergeser terbuka.

7. Smart Light Switcher

Teknologi canggih berikutnya yang sudah termasuk dalam IoT Smart Home adalah smart light switcher. Perangkat ini membuat Anda bisa menyalakan dan mematikan lampu dari jarak yang jauh. Selama Anda menggunakan smartphone atau aplikasi tertentu yang sudah terhubung internet, di belahan dunia manapun Anda pasti bisa mengakses tombol on atau off lampu gedung.

8. Smart CCTV

Beberapa atasan mungkin kadang membutuhkan ini, mereka ditugaskan di luar kota dan tidak dapat hadir di tengah karyawan. Namun jangan khawatir, teknologi smart CCTV dapat membantu mengontrol keadaan di kantor. 

Melalui rekaman kamera real time, bahkan ada juga yang dilengkapi dengan dukungan rekaman suara. Memungkinkan kerja sama atau meeting jarak jauh juga lebih mudah dilakukan. 

Baca Juga: Mengenal Teknologi Smart Home System Canggih

Implementasi IoT Smart Home di Kantor Anda dengan Smart Offices

Setelah mengetahui 8 perangkat IoT unggulan yang cocok untuk gedung perkantoran modern. Kini saatnya Anda mengimplementasikannya di kantor Anda. 

Smart Offices adalah brand smart office di Indonesia yang menyediakan beragam teknologi canggih yang menunjang keamanan, efisiensi, dan kenyamanan kantor Anda. Salah satunya yaitu Smart Door Lock yang dapat memaksimalkan keamanan gedung Anda. Gunakan produk smart office canggih yang mudah perawatannya dari Smart Offices.

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles