Penerapan Building Automation System pada Smart Office!

Share
building automation system smart offices

building automation system smart offices

Building Automation System (BAS) kini sudah mulai banyak masyarakat gunakan dalam berbagai gedung perkantoran, karena memiliki berbagai manfaat. Saat ini, Anda sedang berada pada era yang serba otomatis dan praktis, sehingga berbagai perkembangan teknologi pun sudah selayaknya Anda manfaatkan dengan optimal.

Apakah Anda sudah tahu, apa yang dimaksud dengan BAS? Jika belum, kini saatnya Anda mengenal lebih lanjut tentang pengertian, contoh penerapan, dan berbagai jenis manfaat yang bisa dari penggunaan BAS ini.

Pengertian BAS

Building Automation System (BAS) dapat Anda artikan sebagai Sistem Otomatisasi Bangunan, inilah sebuah sistem dengan rancangan untuk melakukan otomatisasi terhadap berbagai elemen teknologi di dalamnya. Misalnya, untuk melakukan otomatisasi pencahayaan, sistem kelistrikan, sistem keamanan, HVAC, dan sebagainya.

Fungsi dari sistem ini adalah untuk melakukan integrasi sehingga energi yang akan Anda gunakan pun akan menjadi lebih efisien. Selain itu, sistem ini juga dapat meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan produktivitas yang terlaksana pada bangunan.

Baca Juga: Perkembangan Penerapan Smart Building di Indonesia

Contoh Penerapan BAS di Perkantoran

Penerapan BAS sudah bisa Anda lihat pada gedung perkantoran di Indonesia, karena  efektif dan efisien dalam mendukung terlaksananya berbagai kebutuhan secara optimal. Berikut adalah dua contoh gedung yang sudah menerapkan Building Automation System (BAS).

  • Menara Suara Merdeka Semarang

Gedung pertama yaitu Menara Suara Merdeka yang terletak di Kota Semarang. Gedung ini telah menerapkan konsep bangunan hijau atau green building. Dalam hal ini, ada berbagai hal yang menjadi perhatian, termasuk ABS yang telah berjalan dengan sistem pemrograman komputer secara otomatis.

Dengan adanya sistem ini, maka tenaga listrik yang terpakai dapat menjadi lebih efektif. Misalnya, dari segi penerangan, lampu yang digunakan pada gedung ini telah memakai pergantian waktu secara otomatis, sehingga akan mati ketika dalam waktu yang tidak diperlukan.

Hal yang sama juga berlaku dalam pengaplikasian berbagai sistem dan teknologi lainnya, misalnya pengering tangan yang akan mati secara otomatis dalam waktu 12 detik.

  • Bank Indonesia Cabang Surakarta

Contoh kedua yaitu Gedung Bank Indonesia Cabang Surakarta yang juga telah memberikan komitmen untuk melakukan aplikasi terhadap green building. Dalam melakukan penerapan tersebut, salah satu yang menjadi sistem pentingnya yaitu Building Automation System (BAS).

Dengan adanya sistem tersebut, maka berbagai sistem yang berada pada gedung tersebut telah terkontrolsecara otomatis sehingga dapat menjadi lebih mudah untuk melakukan penghematan energi.

Penghematan inilah yang disorot dalam berbagai sistem pada gedung, sehingga jika Anda jumlahkan secara keseluruhan maka akan banyak energi yang bisa Anda hemat.

 Manfaat Menggunakan BAS

Kantor modern mulai menerapkan sistem BAS tentunya bukan tanpa alasan, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat penting dari sistem ini, antara lain sebagai berikut:

  • Manfaat dalam Sistem HVAC

Pertama, ada manfaat yang bisa lihat dari sistem HVAC. Dalam hal ini, Building Automation System (BAS) mempunyai peran penting ketika perlu melakukan manajemen energi.

Dalam sistem HVAC ini, Anda bisa menemukan mesin pendingin yang dilengkapi dengan berbagai jenis komponennya. Umumnya, sistem ini dapat memakan lebih dari setengah dari jumlah energ yang ingin Anda pakai.

Namun, dengan adanya sistem BAS, maka sistem canggih ini akan mengatur kapan mesin pendingin perlu hidup. Demikian pula dengan komponen yang lainnya, akan Anda atur  dengan kondisi dan waktu yang tepat. Selanjutnya, mesin dapat bekerja secara otomatis dan energi yang digunakan lebih efektif.

  • Manfaat dalam Sistem Penerangan

Kedua, ada manfaat yang bisa dilihat dari sistem penerangannya. BAS akan mengatur dan melakukan monitoring terhadap berbagai aspek penerangan yang ada pada gedung. Maka dari itu, Anda juga dapat mematikan lampu secara keseluruhan melalui satu titik kontrol, demikian pula untuk mematikannya.

Selain itu, Building Automation System (BAS) juga dapat mengatur jadwal untuk menghidupkan penerangan. Maka dari itu, ketika ruangan berada dalam kondisi kosong, maka Anda bisa lebih menghemat energi karena tidak ada lampu yang menyala.

  • Manfaat dalam Sistem Mekanikal

Manfaat berikutnya yaitu dari sistem mekanikal. BAS akan bertugas untuk melakukan kontrol terkait berbagai peralatan mekanikal. Misalnya, untuk alat seperti hot water system, clean water system, dan sewage water system.

Dalam hal ini, BAS memiliki fungsi untuk melakukan kontrol terhadap pompanya, sehingga akan menyesuaikan dengan beban yang dibutuhkan.                                                               

  • Manfaat dalam Sistem Kelistrikan

Selanjutnya, jika dilihat dari segi kelistrikan, maka Building Automation System (BAS) akan bertuga suntuk melakukan pemantauan terkait penggunaan listrik pada gedung tersebut, khususnya pada titik panel yang telah terpasang dengan modbus power meter.

Dengan demikian, maka listrik akan terpantau dengan baik dan Anda juga bisa melakukan penghematan energi karena sistemnya berada dalam pantauan.

Setelah membaca penjelasan pada artikel ini, tentunya kini Anda sudah semakin paham apa itu BAS. Jadi, apakah hal ini cukup menarik perhatian Anda sehingga tertarik untuk menerapkannya di kantor?

Baca Juga: Wujudkan Kantor Modern dengan Manfaat Smart Lighting

Building Automation System (BAS) memang merupakan elemen penting jika Anda ingin membangun kantor pintar, karena hal ini sangat berkaitan dengan efektivitas dan efisiensi. Maka dari itu, Smart Office hadir dan siap membantu Anda apabila sedang mencari inspirasi tentang kantor modern beserta peralatannya.

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles