Wujudkan Kantor Modern dengan Manfaat Smart Lighting

Share
smart lighting

Smart lighting merupakan salah satu sistem pencahayaan dengan teknologi modern yang dapat diprogram serta dikontrol dari jarak jauh. Cahayanya dapat menyesuaikan secara alami dan otomatis, menyesuaikan dengan kapasitas cahaya yang dibutuhkan di dalam ruangan tersebut.

Teknologi ini memiliki berbagai manfaat sehingga dapat mewujudkan kantor modern yang nyaman dan aman untuk para pegawainya. Intip penjelasan berikut untuk lebih mengenal tentang sistem lampu modern yang satu ini!

5 Manfaat Penggunaan Smart Lighting

Berbagai kantor modern sudah banyak yang menerapkan sistem lampu pintar ini. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan jika Anda menggunakannya di kantor, beberapa di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kenyamanan

Aspek yang sangat terlihat dari penggunaan lampu pintar yaitu tentang kenyamanannya bagi pengguna. Anda dapat mengatur berbagai sistem pencahayaan dari jarak jauh, misalnya menggunakan asisten suara atau smartphone.

Dengan begitu, maka Anda dapat meningkatkan efektivitas dan produktivitas di kantor, terlebih jika dalam kondisi kantor yang sibuk.

2. Sebagai Pendukung Sistem Keamanan

Kedua, lampu ini juga dapat menjadi pendukung sistem keamanan di kantor Anda. Lampu akan menyala secara otomatis jika ada orang yang memasuki ruangan, sehingga dapat membantu Anda dalam mengontrol kondisi ruangan dan meningkatkan keamanan.

3. Kustomisasi atau Penyesuaian Otomatis

Manfaat ketiga dari lampu pintas, sesuai yang sudah dijelaskan sejak awal, sistem ini diprogram untuk dapat melakukan kustomisasi atau penyesuaian cahaya secara otomatis.

Sistem tersebut akan menyesuaikan dengan cahaya alami yang berada di dalam ruangan tersebut, lalu menyalakan lampu sesuai intensitas cahaya yang diperlukan. Lampu tersebut juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pencahayaan dari aktivitas atau tugas kantor.

4. Efisiensi Energi

Karna lampu pintar dapat melakukan kustomisasi atau penyesuaian cahaya secara otomatis, maka hal tersebut dapat memberikan manfaat selanjutnya bagi kantor Anda.

Manfaat berikutnya dari penggunaan smart lighting yaitu dapat meningkatkan efisiensi dari energi listrik yang diperlukan untuk kantor Anda. Dampak selanjutnya, Anda jadi bisa lebih menghemat pengeluaran untuk biaya listrik.

Jika memakai lampu biasa atau lampu konvensional, maka seringkali ada berbagai ruangan yang lampunya masih dibiarkan menyala meski sebenarnya tidak diperlukan, sehingga pengeluaran listriknya lebih boros. Hal ini dapat dicegah dengan adanya sistem lampu pintar.

5. Terintegrasi dengan Sistem Rumah Pintar Lainnya

Manfaat selanjutnya yaitu dari lampu pintar yaitu dapat terintegrasi dengan sistem lainnya yang berada di rumah atau kantor pintar. Misalnya, seringkali dapat terintegrasi dengan sistem keamanan dan termostat.

Dengan integrasi tersebut, maka pegawai kantor akan lebih nyaman dalam memanfaatkan berbagai kelebihannya. Berbagai jenis pekerjaan pun akan lebih mudah dan nyaman diselesaikan.

Pertimbangan Pemasangan Smart Lighting

Lampu pintar memang dapat menjadi alternatif menarik dan memiliki banyak manfaat untuk penggunanya. Namun, jika akan melakukan pemasangan, maka ada berbagai hal yang sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu.

1. Privasi dan Keamanan

Karena sistem ini akan terhubung ke jaringan internet, maka ada risiko privasi dan keamanan yang perlu diperhatikan. Hal ini sama seperti berbagai jenis teknologi lainnya, maka harus benar-benar dipastikan keamanan dari jaringan yang dipakai.

2. Kemudahan Pengguna

Selanjutnya, pertimbangkan juga tentang kemudahan penggunaannya. Pastikan sistem yang akan digunakan tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan dari para pegawai kantor.

3. Integrasi dengan Berbagai Perangkat Pintar

Jika kantor Anda sudah memiliki berbagai perangkat pintar lainnya, maka perlu diperhatikan terkait sistem integrasinya, supaya tidak mengganggu antara satu dengan lainnya.

4. Biaya

Aspek berikutnya yang juga penting yaitu tentang biaya. Untuk dapat memasang dan memakai sistem ini, maka ada berbagai jenis biaya yang perlu dikeluarkan. Biaya tersebut bervariasi, tergantung teknologi yang digunakan dan berbagai fitur di dalamnya.

Integrasi IoT dan Smart Lighting di Lingkungan Kantor

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, sistem lampu pintar akan terhubung dengan jaringan internet. Lampu ini bisa disebut telah terhubung dengan Internet of Things atau IoT.

Pada penggunaannya, lampu ini telah menjadi salah satu solusi untuk menciptakan kantor pintar. Berbagai fitur dan manfaatnya dapat dioptimalkan untuk berbagai keperluan kantor, bahkan bisa terintegrasi dengan berbagai sistem pintar lainnya di kantor.

Dengan integrasi yang tepat guna, maka Anda dapat menciptakan ruang kerja dan sirkulasi yang progresif. Selain itu, berbagai penghematan sumber daya juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan lampu pintar.

Smart Lighting, Tepatkan untuk Anda?

Pada dasarnya, ada berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari teknologi lampu pintar ini, sesuai dengan penjelasan di atas. Berbagai fitur yang telah disediakan dapat membuat Anda menciptakan kantor yang nyaman, aman, efisien, efektif, dan menyenangkan.

Ini juga dapat menjadi salah satu solusi untuk melakukan penghematan energi listrik di kantor, sehingga dapat dipertimbangkan dengan baik penggunaannya.

Namun, ketika akan memutuskan memasang lampu ini, maka ada berbagai aspek yang sebaiknya diperhatikan dengan baik. Aspek tersebut menyangkut biaya pemasangan, biaya perawatan, kompatibilitas, keamanan, privasi, integrasi, serta kemudahan bagi para penggunanya.

Lakukan perencanaan yang cermat sebelum nantinya memasang smart lighting di kantor Anda. Untuk berbagai keperluan kantor modern, Smart Offices hadir untuk mendukung kenyamanan Anda. Selanjutnya, jangan lupa baca berbagai artikel di blog ini untuk menemukan inspirasi lain tentang kantor modern!

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles