10 Contoh Penerapan IoT di Kehidupan Kita

Share
10 Contoh Penerapan IoT di Kehidupan Kita

Kini, ada banyak sekali contoh penerapan IoT dalam kehidupan sehari-hari. IoT (Internet of Things) adalah sebuah konsep di mana berbagai perangkat, benda, atau objek fisik dihubungkan ke internet dan dapat saling terintegrasi tanpa memerlukan campur tangan manusia. 

Penerapan teknologi ini dapat memberikan banyak manfaat dan kemudahan dalam segala aspek kehidupan manusia. Termasuk di antaranya meningkatkan efisiensi, mengoptimalkan penggunaan sumber daya, serta menciptakan lingkungan yang lebih cerdas dan terkoneksi.

Berikut 10 Contoh Penerapan IoT dalam Kehidupan Manusia

Saat ini, penerapan teknologi IoT dalam kehidupan manusia sudah mencakup berbagai sektor, mulai dari kehidupan di tempat tinggal hingga kehidupan di lingkungan kerja. Sebagai referensi, berikut ini 10 contoh penerapannya.

1. Smart Office

Smart office adalah penerapan teknologi IoT dalam lingkungan kantor untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kenyamanan para karyawan. Salah satu contohnya yaitu sistem pencahayaan otomatis dengan sensor khusus.

Saat tidak ada ruangan, maka lampu akan mati secara otomatis. Sebaliknya, saat ada orang masuk maka lampu akan menyala. Selain itu, masih banyak lagi contoh penerapan  konsep internet of things dalam lingkup smart office atau kantor cerdas.

2. Smart Home

Contoh penerapan IoT yang paling banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari adalah melalui konsep smart home (rumah pintar). Seperti smart office, konsep ini memanfaatkan berbagai perangkat dan sistem yang terhubung ke internet.

Misalnya seperti smart lighting yang sudah terintegrasi, sistem keamanan yang dilengkapi kamera pengawas dan sensor gerak, hingga smart appliances seperti kulkas, oven, dan mesin cuci yang bisa dikontrol dari jarak jauh.

3. Smart City

Smart city adalah suatu konsep pengembangan kota yang memanfaatkan teknologi IoT untuk meningkatkan kualitas hidup warganya dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

Salah satu contoh penerapan IoT dalam lingkup smart city yaitu sistem transportasi cerdas. Termasuk di antaranya pengaturan lalu lintas otomatis, sistem parkir cerdas, dan akses sistem transportasi umum yang terhubung secara real time.

4. Perangkat Elektronik

Saat ini, hampir semua perangkat elektronik terbaru sudah mendukung penerapan teknologi IoT. Selama perangkat tersebut dapat terhubung ke internet, mereka dapat berinteraksi dan memberikan layanan yang lebih baik bagi penggunanya.

Beberapa contohnya antara lain yaitu smart TV, smart speaker yang dilengkapi asisten virtual seperti Google Assistant, wearable devices seperti smartwatch dan fitness tracker, atau perangkat yang paling banyak digunakan manusia yaitu smartphone.

Baca juga: Mengenal Apa itu Internet of Things

5. Sistem Keamanan Biometrik

Sistem Keamanan Biometrik menggunakan teknologi IoT untuk mengidentifikasi individu berdasarkan karakteristik unik mereka. Salah satu contoh penerapan IoT dalam sistem ini yaitu pengenalan sidik jari, suara, iris mata, atau pengenalan wajah.

Misalnya dalam sistem deteksi sidik jari, suatu sensor khusus akan digunakan untuk mengenali dan mengautentikasi identitas seseorang. Dengan sensor ini, akses ke perangkat atau lokasi tertentu dapat dikontrol secara lebih aman dan efisien.

6. Smart Car (Mobil Pintar)

Smart car atau mobil pintar adalah contoh penerapan teknologi IoT dalam industri otomotif. Dengan menghubungkan mobil ke internet dan memanfaatkan berbagai sensor, unit mobil kini dapat dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. 

Contoh penerapannya yaitu melalui fitur navigasi secara real time, sistem infotainment untuk mengakses musik, radio, atau aplikasi, hingga sensor keselamatan seperti sistem kemudi dan sistem parkir otomatis.

7. Robot Waiter

Di beberapa negara maju, penggunaan robot waiter kini mulai umum diterapkan. Robot waiter adalah perangkat robot yang dirancang untuk melayani pelanggan di restoran, kafe, atau tempat makan lainnya.

Jadi, robot tersebut sudah dilengkapi dengan sensor navigasi yang memungkinkan mereka untuk bergerak secara mandiri. Selain itu, terdapat pula layar sentuh atau speaker untuk membantu robot berinteraksi dan melayani pelanggan.

8. Sistem e-Tilang

Contoh penerapan IoT selanjutnya adalah dalam sistem e-Tilang (tilang elektronik) yang mulai diterapkan di beberapa wilayah di Indonesia. Dalam sistem ini, terdapat kamera pengawas khusus yang sudah terhubung ke jaringan internet.

Kamera tersebut sudah diintegrasikan dengan teknologi untuk mengidentifikasi dan merekam nomor plat kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas. Jika terjadi pelanggaran, sistem akan mengirimkan pelaporan dan notifikasi secara otomatis.

9. Healthcare Monitoring

Berikutnya, IoT juga telah memainkan peran penting dalam meningkatkan layanan kesehatan dengan memungkinkan pemantauan kesehatan secara real time. Salah satunya yaitu melalui penggunaan wearable devices.

Perangkat seperti smartwatch, fitness tracker, dan sensor kesehatan lainnya dapat digunakan untuk mengumpulkan data kesehatan penggunanya. Seperti denyut jantung, tingkat aktivitas fisik, kualitas tidur, dan lain-lain.

10. Smart Farming (Pertanian Cerdas)

Contoh terakhir adalah sistem pertanian cerdas atau smart farming yang dapat mengoptimalkan produksi dan pengelolaan. Salah satu contohnya yaitu dengan penggunaan berbagai sensor di lahan pertanian.

Sensor tersebut terhubung ke jaringan internet dan dapat digunakan untuk memantau kelembaban tanah, suhu, hingga tingkat nutrisi secara otomatis. Selain itu, contoh penerapan lainnya yaitu melalui teknologi drone untuk penyiraman dan pemupukan.

Baca Juga: Manfaat Internet of Things untuk Kehidupan Sehari-hari

Tingkatkan Efisiensi Kantor dengan Smart Offices

Salah satu contoh penerapan IoT adalah konsep smart office atau kantor cerdas. Kini, Anda bisa menciptakan kantor cerdas dengan fitur modern berbasis IoT bersama Smart Offices. Pelajari berbagai inspirasi kantor modern dan peralatan untuk  meningkatkan keamanan, kenyamanan dan efisiensi kerja di halaman berikut.

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles