Smart Office Adalah: Mengenal Penerapan & Manfaatnya

Share
Smart Office Adalah Smart Offices peralatan kantor modern

Saat ini, sistem rumah pintar makin banyak diterapkan oleh masyarakat. Tak hanya konsep rumah pintar, konsep kantor pintar atau smart office juga mulai diaplikasikan di beberapa gedung perkantoran.

Smart office adalah salah satu konsep kekinian di area kantor yang mengedepankan kenyamanan dan keamanan para pekerja dengan memanfaatkan teknologi digital. Oleh sebab itu, kehadiran smart office akan sangat menunjang performa stakeholders dalam perusahaan. 

Apa itu Konsep Smart Office?

Pada dasarnya, smart office adalah hasil kolaborasi dari teknologi cerdas dan Internet of Things yang diaplikasikan dalam lingkungan kerja. Penggunaan smart office ini diprediksi akan terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan. 

Karena smart office merupakan konsep ruang kantor yang mengusung teknologi digital maka setiap area di dalam kantor akan memanfaatkan teknologi digital, mulai dari sistem gedung, keamanan gedung, front desk, ruang meeting dan masih banyak lagi. 

Penerapan smart office tak hanya bertujuan untuk membantu karyawan bekerja secara lebih cerdas dan lebih cepat. Selain itu, smart office juga akan membantu efisiensi bisnis perusahaan agar tetap berjalan secara aman. 

Cara Menerapkan Konsep Smart Office dan Komponennya

Berikut adalah beberapa komponen smart office dalam membentuk ekosistem kerja yang lebih efektif dan efisien. Komponen-komponen yang akan dibahas merupakan hal dasar saja. Namun, tidak menutup kemungkinan jika beberapa tahun kemudian komponen-komponen smart office akan terus bertambah. 

1. Smart Air Conditioner (AC)

AC atau air conditioner bukanlah hal yang baru di sekitar kita. Namun, kehadiran teknologi dan inovasi terbaru yaitu smart air conditioner akan membuat Anda semakin kagum dengan segala kemudahan yang diberikannya. 

Smart office adalah konsep perkantoran yang mengusung teknologi yang lebih kekinian dari sebelumnya. 

Sehingga kehadiran AC yang dulunya manual kini sudah terintegrasi secara otomatis dan mampu menyesuaikan dengan kondisi suhu ruangan di dalam kantor. Tentu saja, hal ini akan meminimalisir pemakaian energi listrik di dalam perusahaan. 

2. Smart Lamp/Lightning Control 

Tak hanya pendingin ruangan, smart office juga membutuhkan komponen smart lamp. Sama halnya dengan smart air conditioner, smart lamp juga mampu mengetahui kondisi lingkungan di sekitarnya, sehingga secara otomatis, lampu akan  bekerja sesuai intensitas cahaya yang dibutuhkan pada sebuah ruangan. 

3. Smart Conference Room

Adapun komponen selanjutnya pada smart office adalah smart conference room. Smart conference room telah menerapkan sistem pemesanan online. Sehingga, para pekerja pun bisa memesan ruangan dengan memilih berbagai fitur yang sudah disediakan. 

4. Smart Desk

Dalam mengoptimalkan pekerjaan para karyawan, sebuah perusahaan juga membutuhkan komponen smart desk. Smart desk akan memberikan preferensi terbaik kepada penggunanya saat sedang bekerja. 

Hadirnya fitur standing and height adjustable yang bisa diatur lewat aplikasi digital akan semakin memaksimalkan performa para pekerja. 

5. Privacy Protection 

Menerapkan smart office adalah strategi terbaik dalam menjaga keamanan data perusahaan. Kehadiran fitur privacy protection akan melindungi data karyawan yang saat ini makin banyak bekerja dengan IoT. 

Tentu saja dunia maya sangat erat kaitannya dengan masalah sistem keamanan dan data user. Oleh sebab itu, privacy protection lewat sistem VPN bisnis akan memastikan keamanan data perusahaan. 

Manfaat Menerapkan Smart Office di Kantor

Setelah mengetahui apa itu smart office dan komponen-komponen penting di dalamnya, selanjutnya mari membahas manfaat dari penerapan smart office ini.  

1. Terintegrasi dengan Ekosistem Bisnis 

Kehadiran smart office di dalam perusahaan akan membantu berbagai aktivitas di dalam perusahaan, baik itu internal maupun eksternal. Hal ini dikarenakan sistem yang smart office yang terintegrasi secara langsung pada setiap komponen yang ada di dalam ruangan.

2. Mendukung Kerja Secara Remote

Smart office adalah inovasi terbaik dalam lingkungan perusahaan abad ini. Bagaimana tidak? Segala bentuk aktivitas bisa dikerjakan secara online sehingga para karyawan bisa bekerja secara lebih fleksibel. 

3. Menjaga dan Memonitoring Data 

Kehadiran smart office juga sangat penting dalam mencegah munculnya kejahatan siber yang semakin marak. Fitur proteksi dari smart office akan menjaga aset dan data perusahaan dari orang-orang yang tak bertanggung jawab. 

4. Mengurangi Pengeluaran

Dari segi biaya, kelebihan dari menerapkan konsep smart office ini membuat biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan terkait pengadaan sarana dan fasilitas akan berkurang. Dengan begitu, perusahaan pun bisa memanfaatkan anggaran yang tersedia untuk kebutuhan penting lainnya.

Untuk menghadirkan lingkungan kerja yang lebih efektif dan efisien maka silahkan menerapkan komponen-komponen smart office di dalam kantor Anda. Menerapkan konsep smart office adalah salah satu bentuk inovasi demi meningkatkan kinerja karyawan dalam perusahaan. 

Produk-produk smart office dari Smart Offices bisa menjadi referensi terbaik untuk meningkatkan efisiensi di lingkungan kantor Anda.

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles