10 Alasan Pentingnya Menerapkan Sistem Otomasi Rumah

Share
Sistem Otomasi

Sistem otomasi rumah merupakan inovasi teknologi yang solutif untuk memudahkan pekerjaan berbasis listrik, elektronik, serta teknologi pada rumah Anda. Penerapan sistem ini akan memadukan software (perangkat lunak) serta hardware (perangkat keras) untuk mengontrol manajemen peralatan rumah.

Otomasi rumah pun bisa Anda sebut sebagai Smart Home. Pada sebuah rumah pintar, Anda dapat menerapkan otomasi pada perangkat seperti lampu, pintu, hingga perangkat di dapur seperti kulkas. Namun, mengapa Anda perlu menerapkan otomasi pada rumah? Ketahui sepuluh alasan di bawah ini untuk menjawabnya!

Alasan Harus Menerapkan Sistem Otomasi di Rumah

Kemajuan teknologi masa kini memungkinkan Anda mengontrol perangkat di rumah secara otomatis dan tidak perlu manual lagi. Kemampuan tersebut menjadikan kehidupan Anda lebih efisien, nyaman, dan praktis. Lebih jelasnya, otomasi rumah memberikan Anda kemudahan pada hal-hal berikut ini:

1. Meningkatkan Keamanan Rumah

Sistem rumah pintar yang memungkinkan Anda menyalakan lampu dengan sensor kehadiran akan membuat rumah menjadi lebih aman. Sebab, Anda terhindar dari risiko tersandung akibat ruangan gelap.

Pada area yang rentan jatuh seperti tangga pun bisa Anda pasang otomasi agar lampu langsung menyala ketika Anda menaikinya. Jadi, Anda mengurangi risiko sudut rumah mana pun dengan otomasi yang memadai.

2. Memudahkan Berbagai Pekerjaan

Sebelum otomasi, Anda harus menghidupkan atau mematikan sesuatu secara manual bukan? Namun, berbeda halnya jika rumah Anda sudah menerapkan otomatisasi. Sebab, pekerjaan rumah yang berulang setiap hari seperti menghidupkan dan mematikan lampu bisa Anda selesaikan dengan satu kali klik di smartphone Anda.

3. Rumah Jadi Ramah Lingkungan

Sistem otomasi yang membantu Anda mengatur pencahayaan rumah akan membuat pemakaian daya listrik lebih hemat. Anda bisa menentukan durasi nyala lampu sebuah ruangan, jadi tidak boros listrik dan membantu melestarikan sumber daya melalui efisiensi energi.

4. Sistem Keamanan Canggih yang Ekonomis

Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi akan biaya pemasangan atau pemeliharaan bulanan untuk sistem keamanan rumah yang memadai. Anda cukup instal perangkat otomatisasi yang harganya relatif terjangkau dan lebih ekonomis bila dilihat efek jangka panjangnya.

Meskipun ekonomis, teknologi sistem keamanan pada perangkat otomatisasi umumnya berkualitas prima dan setara sistem keamanan berharga tinggi yang beredar di pasaran. Jadi, Anda bisa monitor keamanan rumah dengan kualitas yang sama bagusnya.

5. Perasaan dan Pikiran Lebih Tenang

Alasan sistem otomasi di rumah penting Anda gunakan juga terkait dengan ketenangan pikiran dan perasaan Anda. Khususnya bagi Anda yang memiliki anak, meninggalkan anak di rumah kini lebih tenang karena ada teknologi keamanan berupa CCTV yang sudah modern.

Anda bisa menghubungkan tangkapan video CCTV ke smartphone Anda melalui koneksi internet dan aplikasi yang tersedia. Jadi, walau Anda jauh dari rumah kondisi keamanan rumah pun tetap bisa Anda kontrol melalui smartphone atau gadget lain yang Anda miliki.

6. Terjangkau bagi Seluruh Anggota Keluarga

Meskipun terkesan modern, namun teknologi otomasi rumah ini bisa terjangkau dan dinikmati oleh seluruh anggota keluarga di rumah. Sebab, perangkat otomatisasi dirancang dan didesain minimalis sehingga mudah dioperasikan oleh berbagai kalangan.

Baik itu orang tua maupun anak Anda, kecanggihan otomasi rumah dapat dirasakan dan dinikmati dengan mudah. 

7. Mengenalkan Teknologi ke Anak

Bukan iPad atau smartphone, Anda bisa mulai mengenalkan teknologi ke anak dari perangkat sistem otomasi seperti remote control hingga sensor. Anak pun jadi memiliki kesempatan untuk belajar sehingga menguasai otomasi rumah ketika sudah besar nanti.

8. Pengeluaran Lebih Hemat

Tagihan listrik menjadi sumber pengeluaran terbesar bagi rumah Anda. Apalagi jika Anda kurang bijak dalam menggunakan perangkat elektronik. Maka dari itu, terapkan otomasi pada rumah agar operasi kelistrikan bisa Anda atur dan kendalikan secara otomatis.

Hal tersebut akan membantu tagihan listrik Anda menurun 10 hingga 25 persen. Cukup untung bukan?

9. Kebersihan Rumah Terpelihara

Selain perangkat pencahayaan dan keamanan, sistem otomasi rumah juga menyediakan perangkat kebersihan otomatis. Anda bisa menyapu, mengepel, hingga mencuci secara otomatis dengan perangkat otomasi yang terhubung dengan aplikasi.

10 Meningkatkan Kualitas Hidup

Jika sebelumnya Anda kewalahan mengatur beberapa pekerjaan rumah sekaligus, kini Anda bisa memanfaatkan otomatisasi agar aktivitas di rumah lebih efisien, efektif, serta hemat waktu dan tenaga.

Sehingga, Anda tetap dapat mengontrol aspek kehidupan di luar rumah, seperti pekerjaan, dengan terencana dan teratur. Mengingat rumah menjadi awal dari kehidupan yang berkualitas, maka otomatisasi rumah bisa Anda andalkan agar kualitas hidup meningkat dan jadi lebih baik.

Sepuluh alasan pentingnya sistem otomasi pada rumah dapat menjadi inspirasi Anda dalam menerapkan gaya hidup yang efisien dan praktis. Pemanfaatan teknologi modern akan lebih efektif dan optimal serta memberikan dampak positif bila Anda paham cara menggunakannya.

Selain di rumah, kehidupan di kantor pun bisa Anda optimalkan dengan otomatisasi melalui peralatan kantor modern. Smart Offices menyediakan solusi perangkat dan sistem kantor yang otomatis, sehingga meningkatkan kualitas lingkungan kerja jadi lebih efisien dan produktif.

Kunjungi laman blog Smart Offices untuk mendapatkan inspirasi kantor pintar agar pekerjaan terasa lebih ringan dan menyenangkan!

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles