Mengenal Revolusi Digital Kantor di Era Industri 4.0

Share
revolusi digital

Teknologi digital memiliki perkembangan yang pesat di era ini, sehingga berbagai macam digitalisasi pun menjadi hal yang umum terjadi. Salah satu dampak yang sangat terlihat yaitu munculnya era industri 4.0 yang didukung dengan revolusi digital.

Era baru ini juga dikenal dengan revolusi industri 4.0. Sebenarnya, apa maksud dari revolusi yang satu ini? Lalu, apa saja manfaat dan contohnya dalam dunia industri modern? Temukan berbagai jawabannya di dalam artikel ini dan pastikan industri Anda sudah mengikuti perkembangan ini!

Apa itu Revolusi Digital?

Revolusi industri 4.0 adalah sebuah revolusi dengan memanfaatkan berbagai jenis media dan teknologi digital, sehingga menciptakan kolaborasi di antara teknologi otomatisasi dan teknologi siber.

Ini memicu terjadinya banyak perubahan di berbagai sektor industri, karena dianggap memiliki berbagai manfaat yang bisa dioptimalkan. Industri yang awalnya membutuhkan lebih banyak sumber daya manusia, kini bisa mengurangi jumlah tersebut dengan memanfaatkan berbagai teknologi sebagai penggantinya.

Hal yang perlu ditekankan untuk era ini yaitu ketersediaan informasi dan kecepatan dalam melakukan suatu pekerjaan. Dalam sebuah lingkungan industri, berbagai hubungan pun dapat terjalin dengan lebih mudah, cepat, dan praktis karena dibantu dengan berbagai teknologi digital.

Manfaat Revolusi Digital untuk Kantor

Seiring berkembangnya teknologi di dunia industri, maka ada banyak pula manfaat yang bisa diperoleh jika Anda menggunakannya dengan baik. Berikut adalah beberapa manfaat penting dari adanya revolusi industri 4.0:

1. Muncul Beragam Inovasi Baru

Adanya revolusi industri yang memanfaatkan beragam teknologi digital, dapat memunculkan banyak inovasi baru dalam dunia industri. Hal ini bisa menjadi salah satu titik penting untuk meningkatkan kinerja dan keunggulan dari perusahaan.

Semakin banyak hal baru yang bisa dicapai, karena Anda akan semakin mudah untuk mencari berbagai referensi, inspirasi, dan sumber pengetahuan. Proses industri juga dapat dikembangkan, baik dari bagian manufaktur, distribusi, rantai pasok, produk yang dihasilkan, hingga kinerja penting dari bisnis tersebut.

2. Membuat Pekerjaan Lebih Efisien

Sebelumnya, telah dibahas tentang era revolusi digital yang bisa membuat Anda menggunakan semakin sedikit sumber daya manusia. Hal ini bisa terjadi karena sudah muncul berbagai teknologi yang dapat membuat pekerjaan menjadi semakin mudah, cepat, efektif, dan efisien.

Selain bisa menghemat tenaga, Anda juga bisa menghemat waktu dalam mengerjakan berbagai proses industri. Misalnya, dengan mesin yang lebih sederhana dan sedikit, Anda bisa menghasilkan jumlah produk yang lebih banyak dari biasanya, serta hanya membutuhkan waktu singkat.

3. Hemat Biaya

Manfaat lanjutan dari efisiensi di atas yaitu Anda juga dapat menghemat berbagai biaya dalam industri. Minimnya sumber tenaga dan mesin yang digunakan, dapat membuat Anda bisa memangkas berbagai jenis biaya.

Selanjutnya, teknologi digital yang dimanfaatkan dengan baik, dapat memberikan investasi jangka panjang dalam jumlah yang besar. Hal ini selain membuat Anda lebih hemat biaya, juga dapat membuat bisnis Anda lebih stabil dan berkembang ke depannya.

4. Memberikan Pelayanan dan Produk yang Lebih Optimal

Layanan dan produk yang dihasilkan juga dapat meningkat seiring dengan perkembangan dan inovasi perusahaan. Anda dapat menawarkan lebih banyak produk yang dibutuhkan, bisnis pun bisa lebih berkembang pesat.

5. Meningkatkan Keuntungan

Manfaat selanjutnya dari revolusi digital yaitu dapat memberikan Anda keuntungan yang lebih tinggi dibanding sebelumnya. Hal ini adalah manfaat lanjutan dari berbagai aspek, misalnya minimnya tenaga dan mesin yang diperlukan, munculnya inovasi baru, meningkatnya jumlah hasil produksi, dan sebagainya.

Contoh Transformasi Digital oleh Perusahaan

Revolusi digital memang sudah merambah ke berbagai sektor industri, berikut adalah beberapa contoh yang cukup terlihat belakangan ini.

1. E-commerce

Pertama, ada industri e-commerce yang merupakan contoh sangat terlihat dari industri 4.0. Ini adalah industri retail yang kemudian semakin menerapkan teknologi digital untuk berbagai prosesnya.

Pada awalnya, e-commerce hanya meliputi tempat untuk jual-beli berbagai produk, tanpa melibatkan perusahaan besar. Namun, seiring berkembangnya industri ini, e-commerce semakin dinaungi berbagai usaha besar, lalu merambah dan memiliki banyak konsumen.

2. Agensi Pemasaran Digital

Seiring dengan berkembangnya industri yang memanfaatkan teknologi digital, maka agensi pemasaran digital pun kian berkembang dan mudah untuk ditemui.

3. Kursus dan Pelatihan Online

Di tengah perkembangan teknologi, serta adanya dampak dari pandemi, kursus dan pelatihan online menjadi sektor industri yang cukup menjanjikan di Indonesia.

4. Pembayaran Digital

Contoh terakhir kali ini yaitu tentang pembayaran digital yang kini juga sudah menjadi hal umum. Ada berbagai jenis media yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pembayaran digital, sehingga kemudahan akses pembayaran pun semakin terasa.

Itulah berbagai penjelasan tentang revolusi industri 4.0 yang sangat memanfaatkan berbagai teknologi digital. Anda juga sudah mengetahui tentang berbagai manfaat serta contohnya, sehingga dapat lebih memahami tentang perkembangan ini.

Tentunya, ada berbagai hal yang perlu dipersiapkan jika Anda ingin turut mengembangkan industri dengan memanfaatkan teknologi digital. Namun tenang saja, karena saat ini sudah banyak fasilitas pendukung yang dapat Anda manfaatkan dengan baik.

Untuk dapat menciptakan perkembangan industri dengan penerapan revolusi digital, Smart Offices hadir dan dapat turut serta menemani proses Anda! Selain itu, jangan lupa kunjungi di sini untuk mendapatkan berbagai inspirasi tentang kantor modern yang aman, nyaman, dan efisien!

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles