6 Perangkat Elektronik Pintar yang Dapat Diterapkan di Rumah

Share
Perangkat Elektronik Pintar

Perangkat elektronik pintar kini semakin diminati untuk meningkatkan fungsional berbagai jenis bangunan, termasuk rumah. Anda bisa mengatur dan menjadikan rumah sebagai smart home dengan mengadakan perangkat elektronik untuk aktivitas di rumah yang lebih modern dan praktis.

Perangkat elektronik tersebut akan membantu Anda melaksanakan pekerjaan tertentu secara otomatis, karena bisa Anda kontrol dari jarak jauh memanfaatkan koneksi internet. Kemudahan yang diberikan oleh elektronik pintar menjadi pilihan yang bisa Anda pilih, sebab menguntungkan dari segi efisiensi.

Lantas apa saja perangkat elektronik yang pintar dan bisa Anda terapkan di rumah? Simak rekomendasinya berikut ini!

Perangkat Elektronik Pintar untuk Rumah

Terdapat berbagai jenis elektronik yang bisa Anda manfaatkan untuk mewujudkan rumah pintar. Tidak hanya fungsi keamanan rumah saja, modern kini Anda dapat mengatur pencahayaan rumah, menghidupkan televisi, serta mengaktifkan pendingin ruangan dengan elektronik pintar di bawah ini:

1. Pintu Otomatis

Perangkat pertama yang bisa Anda gunakan adalah pintu otomatis. Teknologi ini akan membuat aktivitas membuka maupun menutup pintu menjadi lebih praktis sebab tidak perlu memiliki banyak kunci untuk setiap pintu.

Anda dapat menerapkan sistem buka-tutup pintu otomatis melalui koneksi ke smartphone atau tablet pribadi Anda. Teknologi ini tidak hanya memudahkan, namun menambah lapisan ekstra keamanan rumah Anda.

Perangkat elektronik pintar ini bisa Anda lengkapi dengan smart lock yang memungkinkan Anda mengunci atau membuka pintu dari lokasi mana saja. Sebab, tersedia aplikasi yang terhubung ke smart lock dan bisa Anda atur untuk seluruh penghuni rumah.

2. Kamera CCTV

Closed Circuit Television, atau CCTV, merupakan teknologi keamanan berupa kamera pengawas yang dilengkapi layar monitor dan terkoneksi oleh sinyal. Anda dapat memantau keadaan lingkungan sekitar rumah dari jarak jauh dengan CCTV.

Tangkapan video dapat Anda lihat melalui aplikasi CCTV yang terinstal di gadget Anda. Sehingga, ke mana pun Anda pergi meninggalkan rumah jadi lebih tenang karena dapat mengecek kondisi rumah dengan jelas.

Kamera ini umumnya mampu mendeteksi pergerakan serta mengirim pemberitahuan kepada Anda ketika terdapat gerakan mencurigakan. Bahkan, teknologi Artificial Intelligence (AI) terkini memungkinkan Anda mengenali wajah melalui CCTV. 

Jadi, saat ada orang tidak dikenal memasuki lingkungan rumah, Anda akan mudah mengetahuinya melalui perangkat elektronik pintar ini.

3. Sistem Otomatisasi Rumah

Teknologi selanjutnya adalah perangkat elektronik untuk sistem otomatisasi rumah. Anda dapat mengontrol seluruh perangkat elektronik yang tersedia di rumah secara terintegrasi melalui satu sistem. 

Sebagai contoh, Anda dapat mengatur suhu air conditioner, lalu menyalakan lampu ruang tamu ketika Anda sedang di kamar, kemudian mengunci pintu tanpa kunci konvensional melainkan via smartphone Anda.

Teknologi ini membuat Anda lebih hemat energi sebab dapat menyusun jadwal pencahayaan rumah serta pengaturan suhu untuk ruangan yang berbeda.

4. Sensor Pintar

Perangkat elektronik pintar yang satu ini memudahkan Anda untuk aktivitas seperti pemantauan kelembapan hingga pengaturan cahaya pada rumah. Sensor juga memungkinkan kegiatan di rumah lebih cepat dan praktis, sebab dapat otomatis terjadi ketika sensor mendeteksi kehadiran Anda.

Contoh sensor pintar yang bisa Anda terapkan di rumah yakni sensor wajah, sensor sentuh, sensor suara, hingga sensor tekanan. Adapun aplikasi sensor bisa Anda terapkan pada pintu rumah, area kamar mandi, hingga area dapur, untuk memungkinkan gerak aktivitas yang efisien.

5. Speaker Pintar

Aplikasi dari teknologi sensor suara yang disebutkan pada opsi sebelumnya bisa melalui speaker pintar. Speaker ini tidak dioperasikan secara manual, melainkan melalui suara Anda untuk menjalankan fungsi sesuai perintah yang diberikan.

Speaker pintar juga bisa menyediakan informasi sebagai jawaban dari pertanyaan yang Anda berikan. Selain itu, perangkat elektronik pintar ini bisa memutar musik, mematikan televisi, hingga mengatur suhu pendingin ruangan secara otomatis.

6. Kulkas Pintar

Jenis elektronik pintar yang satu ini akan sangat berguna bagi Anda yang jarang membeli makanan di luar dan lebih sering masak sendiri di rumah. Kulkas pintar memiliki teknologi modern yang membuatnya bisa terkoneksi dengan gadget lain milik Anda.

Contoh fitur yang bisa Anda nikmati melalui kulkas pintar mulai dari notifikasi tentang tanggal kedaluwarsa dan tingkat kesegaran makanan, mencari resep masakan dari layar sentuh antarmuka, hingga pembuat es batu otomatis.

Enam perangkat elektronik pintar tersebut akan meningkatkan kualitas kehidupan ketika beraktivitas di rumah. Sebab, teknologinya yang mengotomatisasi berbagai pekerjaan akan menguntungkan Anda menjadi hemat waktu dan tenaga.

Bagi Anda yang bekerja di kantor, penerapan elektronik pintar tersebut juga bisa Anda bawa dan terapkan ke area kantor. Terutama apabila sistem kantor Anda terintegrasi secara online, sehingga akan semakin memudahkan pekerjaan karena bisa Anda atur jadi lebih praktis.

Dapatkan inspirasi peralatan kantor modern dengan Smart Offices, kunjungi blog Smart Offices demi mewujudkan lingkungan kerja yang nyaman, aman, dan efisien!

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles