Keuntungan Cloud Computing Jika Diterapkan di Perusahaan Anda

Share
Keuntungan cloud computing

Keuntungan cloud computing yang mudah, praktis, dan efisien merupakan alasan berbagai perusahaan mengandalkannya dalam urusan pengelolaan data perusahaan. Apabila perusahaan Anda belum menerapkan cloud computing, sudah saatnya beralih agar pekerjaan terasa lebih ringan.

Sebab, database perusahaan akan terintegrasi melalui platform komputasi yang bisa Anda akses dengan koneksi internet memadai. Sehingga, perusahaan pun tidak perlu lagi mengandalkan perangkat keras, seperti hard disk, sebagai satu-satunya alat untuk olah data.

Untuk memahami tentang cloud computing sebelum menerapkannya di perusahaan Anda, simak pengertian serta keunggulan dari komputasi awan di bawah ini.

Mengenal Cloud Computing

Istilah cloud computing, atau komputasi awan, merujuk kepada sistem pengaturan komputasi seperti penyimpanan data, perangkat lunak, server, hingga jaringan, yang diakses melalui internet. Inovasi ini adalah kombinasi teknologi komputer dengan pengoperasian berbasis cloud atau internet.

Penggunaan metafora cloud sebagai internet dikarenakan awan yang sering menjadi simbol untuk visualisasi jaringan internet pada diagram. Cloud computing memungkinkan Anda melakukan penyimpanan data di ruang virtual (cloud) dari pusat server. 

Anda tidak perlu mengunduh aplikasi sebab internet yang akan menyampaikan perintah komputasi menuju pusat server. Lalu, Anda akan mendapatkan feedback dari internet dalam bentuk hasil perintah pengolahan datanya.

Kemudian, Anda dapat mengakses berbagai data yang terdapat di dalam cloud kapan saja dan di mana saja, asalkan terdapat koneksi internet yang mendukung. Keuntungan cloud computing tersebut akan memudahkan pekerjaan Anda.

Cukup log in dengan akun yang Anda miliki di platform komputasi, lalu lakukan pengolahan data tanpa khawatir dengan beban memori mengingat data tersimpan secara virtual dalam internet.

Layanan yang dapat Anda nikmati pada cloud computing terbagi menjadi Platform as a Service (PaaS), Software as a Service (SaaS), serta Infrastructure as a Service (IaaS). 

Contoh dari PaaS adalah Amazon Web Service, lalu contoh SaaS yaitu Google Mail serta Facebook, sedangkan contoh IaaS adalah Simple Storage Service.

Keuntungan Cloud Computing

Lantas apa saja manfaat yang akan perusahaan Anda rasakan ketika beralih ke cloud computing? Selain praktis dan mudah, berikut berbagai keuntungan dari penggunaan cloud computing:

1. Hemat Biaya Operasional

Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya pemeliharaan pada cloud computing, seperti yang dilakukan saat komputasi dengan perangkat konvensional. 

Sebab, penyimpanan data berlangsung secara virtual dan tersambung ke jaringan komputasi Anda, yang biayanya akan diatur oleh layanan cloud computing secara otomatis. Jadi, Anda tidak perlu membayar jasa pemeliharaan perangkat keras lagi.

Adapun layanan cloud computing menetapkan biaya menyesuaikan masa berlangganan serta kapasitas penyimpanan yang Anda pilih. Kemungkinan biaya tambahan lain hanya PPN (Pajak Pertambahan Nilai). 

2. Efisiensi Manajemen Data

Keuntungan cloud computing berikutnya adalah manajemen data pekerjaan. Sistem berbasis internet ini akan membantu Anda dalam pengelolaan data segala bentuk, mulai dari dokumen, software, hingga gambar.

Tidak hanya itu, penyimpanan pada cloud juga memudahkan Anda ketika perlu membagikan data perusahaan dengan aman dan cepat. Data dalam ukuran besar pun aman untuk dibagikan.

3. Penyimpanan dengan Kapasitas Besar

Bukan hanya paket internet saja yang unlimited, namun kapasitas penyimpanan pada cloud computing pun tersedia dalam opsi yang tidak terbatas saking besarnya ukuran ruang penyimpanan. Ukuran tersebut mencapai hingga Terabytes (TB), jadi tidak terbatas pada Gigabytes (GB) saja. 

Ini akan menjadi keuntungan cloud computing yang perusahaan Anda sukai, sebab jumlah data-data perusahaan yang tidak sedikit dapat disimpan dengan aman dalam cloud storage tersebut.

4. Bisa Recovery dan Backup Data

Selanjutnya, perusahaan tidak perlu khawatir data hilang karena tersedia fitur backup serta recovery data. Backup yang Anda aktifkan secara otomatis akan memastikan data perusahaan tersimpan ke cloud storage.

Pun jika terhapus, maka Anda bisa menggunakan fitur recovery atau pemulihan agar data dapat Anda akses kembali. Ini menjadikan proses olah data perusahaan lebih aman dari risiko kehilangan data.

5. Data Terintegrasi Otomatis

Data yang bisa Anda integrasi secara otomatis menjadi keuntungan cloud computing berikutnya yang bisa Anda manfaatkan. Penyimpanan data internal pada device perusahaan akan terintegrasi dan tersimpan otomatis di cloud storage.

Anda pun akan terbantu karena backup data jadi lebih ringan. Pengolahan data antar sesama rekan perusahaan pun lebih praktis, karena integrasi otomatis ini memungkinkan Anda melakukan kolaborasi secara real-time.

Berbagai keuntungan cloud computing tersebut akan mewujudkan perkembangan perusahaan yang progresif. Jika tersedia opsi yang jauh lebih efisien, maka sudah saatnya perusahaan Anda beralih dan menikmati cloud computing sebagai teknologi modern yang serba praktis di masa kini.

Selain beralih ke cloud computing, Anda juga perlu meningkatkan kualitas lingkungan kerja di perusahaan. Smart Offices hadir sebagai solusi mewujudkan konsep kantor pintar melalui penyediaan peralatan kantor modern serta aplikasi sistem Smart Safety agar data Anda dan rekan perusahaan lain terlindungi.

Kunjungi halaman blog Smart Offices untuk mendapatkan inspirasi kantor modern yang memberikan kenyamanan, keamanan, serta efisiensi bagi perusahaan Anda!

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles