Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Smart Door Lock

Share
kelebihan dan kekurangan smart door lock

Ingin kantor Anda jadi lebih aman dan efisien dengan memakai smart door lock? Sebelum melakukan pemasangan kunci, Anda perlu memahami kelebihan dan kekurangan smart door lock ini.

Seperti namanya, kunci pintu ini bekerja menggunakan teknologi digital dan dapat dikontrol melalui aplikasi ponsel. Hasilnya, kunci dilengkapi dengan fitur canggih, seperti kemampuan untuk membuka atau mengunci pintu dari jarak jauh dan melacak siapa saja yang masuk atau keluar dari ruangan.

Namun, seperti semua inovasi, ada juga beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengevaluasi secara menyeluruh sebelum memutuskan untuk beralih dari sistem kunci tradisional. 

4 Kelebihan Smart Door Lock 

Agar lebih siap memanfaatkan teknologi pintar ini untuk kantor Anda, simak kelebihan dan kekurangan smart door lock berikut ini:

1. Memudahkan Akses dengan Keamanan yang Tinggi

Kunci pintu pintar ini bisa memudahkan karyawan dan tamu perusahaan untuk masuk tanpa harus membawa kunci fisik. Soalnya, Anda bisa memberikan kode atau “kunci digital” khusus yang berbeda.

Terlebih lagi, Anda bisa melacak siapa saja yang masuk dan keluar ruangan, dan kapan mereka melakukannya. Keamanan ini membuat Anda lebih mudah mengidentifikasi kejadian yang tidak diinginkan atau mencurigakan. 

Kelebihan dan kekurangan smart door lock memang perlu dipertimbangkan, tetapi dari segi keamanan, teknologi ini memberikan banyak nilai tambah untuk kantor Anda.

2. Pintu Bisa Dikontrol dari Jarak Jauh

Pernah merasa cemas dengan akses dan keamanan kantor ketika Anda sedang dalam perjalanan bisnis? Hal ini bisa Anda atasi dengan smart door lock. Anda dapat membuka akses pintu dari jauh, hanya dari aplikasi di smartphone.

Selain memudahkan operasional sehari-hari, kontrol ini juga sangat berguna dalam situasi darurat. Pasalnya, beberapa kunci bisa diatur untuk membuka semua pintu di saat sedang terjadi kecelakaan atau bencana. Hasilnya, karyawan atau tamu perusahaan bisa melakukan evakuasi dengan cepat.

3. Tidak Ada Lagi Kunci yang Hilang

Siapa yang belum pernah mengalami kehilangan kunci? Kunci yang hilang bisa menjadi masalah besar, terutama di lingkungan kantor yang memerlukan tingkat keamanan dan akses keluar-masuk tinggi.

Dalam mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan smart door lock, fitur ini bisa menjadi solusi. Soalnya, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang kunci yang hilang atau dicuri. Sebab, semua akses dikontrol melalui aplikasi. 

Jika perangkat hilang, Anda bisa dengan mudah menonaktifkan akses melalui sistem manajemen kunci digital. Terlebih lagi, Anda tidak perlu mengganti seluruh set kunci atau mereset semua kode akses yang bisa memakan waktu dan biaya. 

4. Bisa Integrasi dengan Sistem Keamanan Lainnya

Kunci ini memungkinkan Anda untuk menghubungkannya dengan sistem CCTV atau alarm keamanan. Anda bisa memantau pintu masuk dan keluar dalam satu tampilan, sehingga memudahkan pengawasan keamanan kantor secara keseluruhan. 

Jika ada aktivitas mencurigakan, Anda bisa langsung mendapat notifikasi dan mengambil tindakan preventif yang diperlukan. Kemampuan untuk berintegrasi dengan sistem lain ini jelas menambah nilai pada kantor di bidang keamanan.

3 Kekurangan Smart Door Lock 

Meskipun menawarkan banyak kemudahan, kelebihan dan kekurangan smart door lock harus dipertimbangkan secara menyeluruh untuk memastikan keamanan optimal. Berikut beberapa kekurangannya:

1. Ketergantungan pada Teknologi dan Akses Internet

Mengapa ketergantungan ini bisa menjadi masalah? Karena jaringan internet di kantor yang mengalami gangguan atau mati dapat mempengaruhi kinerja sistem kunci pintu. Akibatnya, Anda dan karyawan akan mengalami kesulitan untuk masuk atau keluar dari kantor.

Selain itu, jika smartphone yang digunakan untuk mengontrol akses juga mengalami masalah, seperti baterai habis atau kerusakan lain, ini juga bisa menjadi mempersulit akses.

2. Biaya Awal Instalasi yang Tinggi

Mengganti seluruh sistem kunci di kantor Anda dengan smart door lock memerlukan biaya awal yang cukup besar. Ini termasuk biaya perangkat keras, perangkat lunak, dan juga instalasi. Semakin canggih fiturnya, semakin tinggu pula biayanya.

Makanya, terlepas dari kelebihan dan kekurangan smart door lock, Anda tetap harus memperhitungkan apakah pemakaian ini sebanding dengan manfaat yang akan diperoleh.

3. Adanya Risiko Serangan Siber

Walaupun banyak model yang menawarkan fitur keamanan canggih, risiko serangan siber tetap ada. Dalam kasus yang paling buruk, hacker bisa mengontrol akses ke kantor Anda.

Oleh karena itu, penting untuk memilih model yang memiliki fitur keamanan kuat dan Anda perlu rutin memperbarui perangkat lunak untuk menangkal potensi ancaman. 

Demikian penjabaran kelebihan dan kekurangan smart door lock. Pertimbangkan setiap faktor ini agar Anda dapat memastikan bahwa telah memilih model yang paling sesuai dengan kebutuhan spesifik kantor, baik dari segi keamanan maupun efisiensi operasional.

Ingin memastikan Anda membuat keputusan yang lebih tepat untuk membangun kantor pintar? Kunjungi Smart Offices Blog! Ada banyak informasi dan tips tentang bagaimana memilih dan mengelola teknologi keamanan kantor yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles