Jenis dan Alasan Kantor Anda Membutuhkan Video Wall Display

Share
video wall display - smart offices

Video wall display adalah satu teknologi terbaru yang banyak mendapatkan perhatian untuk tren kantor modern. Dalam dunia kerja yang semakin dinamis, inovasi dalam teknologi kantor menjadi suatu keharusan. 

Teknologi ini adalah solusi untuk memberikan tampilan visual secara masif kepada seluruh karyawan atau pengunjung kantor. Fungsinya pun bermacam-macam, bisa untuk memberikan informasi, sebagai media iklan, dan masih banyak lagi.

Apakah Video Wall Display Itu?

Pada dasarnya, ini adalah teknologi yang terdiri dari beberapa monitor yang disusun bersama untuk membentuk satu tampilan layar yang lebih besar seperti dinding (wall). Manfaat dari display ini dapat berdampak secara positif pada berbagai aspek.

Sebab, ini merupakan alat yang ideal untuk menyampaikan informasi di berbagai lingkungan, mulai dari ruang kerja kantor atau gedung korporat hingga sebagai penanda untuk lobi, ruang publik, kelas, auditorium, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Mau Punya Smart Room? Miliki 8 Alat Ini!

3 Jenis Video Wall Display yang Anda Harus Ketahui

Dalam penerapannya, teknologi display video ini dapat disusun menggunakan 3 jenis layar berbeda, mulai dari LCD, LED, hingga rear projection. Masing-masing memiliki keunggulan tertentu. Berikut ini rincian lengkapnya:

1. LCD

Sistem layar LCD bekerja dengan menggunakan lapisan kristal cair di antara dua lembar kaca datar. Ketika kristal menerima aplikasi listrik, ia aktif mengubah posisinya, memungkinkan cahaya untuk melewatinya dan menciptakan gambar atau video.

Biasanya, video wall LCD terdiri dari sejumlah kecil layar LCD datar yang dipasang bersama untuk menciptakan gambar tunggal. Kelebihannya yaitu memiliki harga lebih rendah dan tahan lama, bisa beroperasi 24 jam sehari selama bertahun-tahun.

2. LED

LED wall adalah jenis yang paling umum ditemui saat ini. Sesuai namanya, LED wall terdiri dari ribuan lampu LED kecil yang dapat berubah warna sesuai dengan tegangan yang diterima.

Adapun resolusi gambarnya tergantung pada ukuran piksel dan jaraknya, sehingga video wall LED beresolusi tinggi cenderung lebih mahal dibandingkan opsi lain. Namun, ini lebih fleksibel untuk berbagai ukuran dan bentuk dinding.

3. Rear Projection

Jenis teknologi display terakhir adalah rear projection. Sistem ni melibatkan cermin dan proyektor di dalam kubus tertutup untuk mengurangi cahaya ambien. Proyektor akan memancarkan cahaya ke cermin, lalu memantulkannya ke layar tampilan.

Sistem video wall ini dibangun dengan menumpuk kubus tertutup ini satu sama lain untuk menciptakan dinding tunggal. Namun, kubus ini memiliki bobot lebih berat dan tidak memungkinkan pemasangan di dinding, sehingga dapat mengurangi luas ruangan.

Mengapa Kantor Anda Harus Menggunakan Video Wall Display

Penerapan ini melibatkan berbagai teknologi baru, termasuk elektronik, mekanika, optika, teknologi komputer, teknologi komunikasi, bahkan bioteknologi. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kantor Anda membutuhkan teknologi display ini:

Media Periklanan

Salah satu alasan utama mengapa kantor Anda membutuhkan teknologi video wall display adalah sebagai media periklanan yang efektif. Sebab, layar ini memiliki daya tarik visual yang kuat berkat ukurannya yang lebih besar dan memiliki resolusi tinggi.

Sehingga, ini adalah perangkat luar biasa untuk mempromosikan produk, layanan, atau campaign periklanan di kantor perusahaan Anda kepada karyawan lain ataupun pengunjung.

Sebagai Komunikasi Internal & Eksternal

Teknologi display terbaru ini juga memiliki peran penting dalam komunikasi internal dan eksternal di kantor Anda. Secara internal, Anda dapat menggunakan video wall untuk menyampaikan informasi, berita, atau pengumuman penting kepada karyawan.

Adapun secara eksternal, video wall adalah cara yang efektif untuk menyampaikan pesan perusahaan dan membangun citra positif di mata para pihak luar yang berkunjung ke kantor Anda.

Visualisasi Multi-sumber

Keunggulan lain dari video wall display adalah kemampuannya untuk menggabungkan dan menampilkan konten yang berbeda dari berbagai sumber secara bersamaan.

Dengan teknologi ini, Anda dapat membagi layar menjadi beberapa bagian yang berbeda, di mana masing-masing layar tersebut juga bisa menampilkan sumber informasi yang berbeda.

Tingkatkan Fleksibilitas, Skalabilitas, dan Kreativitas

Terakhir, teknologi wall display juga memberikan fleksibilitas yang tinggi dalam hal desain dan penempatan. Sebab, Anda dapat mengatur tata letak dan tampilannya sesuai dengan kebutuhan dan preferensi.

Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilannya sesuai dengan acara atau situasi tertentu. Selain itu, skala ukuran video wall dapat diubah dengan mudah. Cukup tambah atau kurangi layarnya agar ukurannya menjadi lebih besar atau kecil.

Kreativitas juga menjadi lebih mudah, karena teknologi video wall memungkinkan Anda untuk bereksperimen dengan elemen visual dan animasi yang interaktif, sehingga bisa menghasilkan pengalaman yang lebih menarik bagi audiens Anda.

Secara keseluruhan, teknologi ini adalah alat yang luar biasa dengan berbagai manfaat signifikan untuk operasional perusahaan atau kantor Anda. Biasanya, teknologi ini diterapkan pada lingkungan kerja yang sudah menggunakan sistem Smart Office (kantor cerdas).

Smart Office adalah solusi menerapkan kantor cerdas berbasis teknologi canggih seperti tren penggunaan video wall display. Pelajari juga berbagai inspirasi kantor modern dan peralatan kantor berbasis smart technology yang dapat meningkatkan keamanan, kenyamanan dan efisiensi kerja di halaman blog kami!

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles