8 Jenis Inovasi Teknologi yang Baik untuk Perkembangan Bisnis Anda

Share
inovasi teknologi Smart Offices

Seiring berjalannya waktu, berbagai inovasi teknologi pun turut berkembang dan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di berbagai bidang. Perkembangan teknologi tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan bisnis, sehingga dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Sebenarnya, apa saja jenis inovasi yang perlu diketahui pebisnis di era modern yang serba digital ini? Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui 8 jenis inovasi yang keberadaannya sebaiknya lebih dimanfaatkan.

Jenis Inovasi Teknologi saat Ini

Berikut adalah daftar teknologi yang sebaiknya Anda ketahui, supaya dapat mengoptimalkan fungsinya untuk dunia bisnis. 

  • Internet of Things (IoT)

Pertama, ada jenis inovasi yang disebut dengan Internet of Things atau yang sering disingkat dengan IoT. Ini adalah sebuah terobosan yang memungkinkan Anda untuk membuat berbagai peralatan atau objek fisik dapat melakukan komunikasi antara satu dengan yang lainnya, dengan memanfaatkan jaringan internet.

Contoh dari peralatan yang dapat dimasukkan dalam konsep ini yaitu peralatan rumah tangga, peralatan elektronik, serta kendaraan dan berbagai komponen pendukungnya.

Untuk inovasi ini, Anda dapat memanfaatkannya ketika melakukan pengawasan serta operasionalisasi berbagai peralatan untuk bisnis. Sebagai contoh, untuk kegiatan rantai pasok, Anda bisa memanfaatkan sensor IoT dengan menggunakan komponen teknologi sejenis kunci pintar atau smart key.

Inovasi teknologi yang satu ini dapat membantu Anda untuk memantau persediaan bahan baku, optimalisasi proses produksi, serta menjaga kualitas produk agar tetap berada dalam kondisi baik.

  • Big Data

Kedua, ada inovasi yang cukup terkenal belakangan ini, yaitu big data. Dengan memanfaatkannya, maka Anda bisa menemukan berbagai jenis data yang diperlukan untuk bisnis. Sebagai contoh, data transaksi pelanggan dan data tempat tinggal pelanggan.

Data tersebut dapat diproses dan dimanfaatkan dengan optimal untuk menentukan berbagai langkah bisnis selanjutnya.

  • Blockchain

Ketika bicara tentang inovasi teknologi yang disebut blockchain, maka mungkin saja sebagian orang akan cenderung menganggapnya hanya seperti sejenis Bitcoin atau salah satu mata uang digital.

Namun, sebenarnya masih ada berbagai manfaat dari teknologi yang satu ini, termasuk untuk diterapkan dalam dunia bisnis. Secara umum, blockchain merupakan sistem yang dapat berfungsi untuk menyimpan data, serta keamanannya pun dapat terjamin dengan teknologi yang disebut kriptografi.

Anda dapat memanfaatkan teknologi ini melakukan pencatatan transaksi serta membuat dan merapikan laporan keuangan.

  • Kecerdasan Buatan (AI)

Artificial Intelligence atau yang sering disingkat AI juga kini sudah banyak dibicarakan. Sebenarnya, kecerdasan buatan ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk berbagai keperluan bisnis.

Misalnya, untuk membantu sistem komunikasi dengan pelanggan, Anda dapat memanfaatkan AI Chatbot. Dengan sistem tersebut, maka pelanggan bisa mendapatkan jawaban yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat.

  • E-commerce

Platform e-commerce atau yang dalam bahasa Indonesia disebut pasar online, kini sudah dapat dengan mudah ditemui dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan.

Bagi para pebisnis, inovasi teknologi yang satu ini tentunya dapat memberikan banyak manfaat, misalnya untuk mempermudah penjualan dan menjangkau pasar yang lebih luas.

  • Website dan Media Sosial

Saat ini, sudah banyak orang yang akan mengutamakan fasilitas di internet untuk mencari informasi, termasuk tentang produk tertentu yang mereka butuhkan. Maka dari itu, website dan media sosial dapat memainkan peran penting untuk perkembangan bisnis Anda.

  • RPA (Robotic Process Automation)

RPA merupakan salah satu sistem rekayasa dari perangkat lunak yang dapat melakukan berbagai tugas secara berulang. Dalam dunia bisnis, teknologi ini dapat digunakan untuk membantu pencatatan, pembuatan laporan keuangan, dan penagihan.

  • E-transaction

Selanjutnya, ada transaksi elektronik yang tentunya sangat berkaitan dengan dunia bisnis. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, perkembangan teknologi saat ini telah membuat Anda bisa melakukan berbagai transaksi secara online dengan berbagai perangkat elektronik.

Kelebihan dan Kekurangan terhadap Inovasi Teknologi

Berbagai jenis inovasi di atas memang sebenarnya memiliki berbagai kelebihan, jika para pelaku bisnis dapat memanfaatkannya dengan tepat dan maksimal. Kelebihannya pun tergantung dengan jenis inovasi yang dipilih.

Sebagai contoh, Anda dapat memanfaatkan AI dengan optimal untuk berbagai keperluan periklanan, sehingga dapat lebih menghemat waktu dan tenaga untuk melakukan pemasaran. Prosesnya pun dapat dilakukan berdasarkan dengan big data yang telah diperoleh dan diolah informasi lebih lanjutnya.

Pada dasarnya, kelebihan penting dari teknologi-teknologi tersebut adalah dapat mempermudah pekerjaan, sehingga bisnis pun dapat berjalan secara lebih efektif dan efisien.

Namun, di balik kelebihannya, inovasi ini juga sebenarnya tetap memiliki kekurangan. Ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangka dalam hal ini, misalnya:

  • Anggaran yang harus dikeluarkan
  • Ketersediaan karyawan yang dapat menggunakan teknologi dengan maksimal
  • Sarana teknologi yang mumpuni untuk memaksimalkan fungsinya
  • Perkembangan teknologi yang cenderung kurang merata di Indonesia

Meski mungkin berbagai pebisnis yang berada di kota bisa mendapatkan akses yang cukup untuk penerapan teknologi di atas, namun hal ini bisa jadi lebih sulit dilakukan untuk pebisnis yang berada di daerah pedesaan.

Namun, karena setiap inovasi atau perkembangan teknologi memiliki kelebihan yang sebaiknya dipertimbanhkan, maka tidak ada salahnya untuk selalu mengikuti perkembangannya.

Selanjutnya, jika Anda membutuhkan berbagai rekomendasi tentang kantor modern dan peralatan dan inovasi teknologi yang mendukungnya, silakan kunjungi laman Smart Offices blog. Buatlah kantor modern yang nyaman, aman, serta efisien untuk berbagai pekerjaannya!

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles