Kenali Digital Signage dan Cara Kerjanya

Share
digital signage Smart Offices

Seiring berkembangnya teknologi, cara dan media penyampaian informasi pun telah menjadi semakin beragam. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan digital signage yang cukup populer untuk digunakan di berbagai tempat.

Namun, bagi Anda yang belum mengetahui apa itu teknologi digital yang satu ini, atau ingin memahami lebih lanjut tentang hal ini, maka artikel ini akan menjadi informasi yang sebaiknya Anda ketahui.

Pengertian Digital Signage

Jika ingin membahas tentang pengertian dari istilah yang satu ini, maka ada baiknya dipaparkan terlebih dahulu tentang arti dari masing-masing katanya.

Secara umum, digital dapat diartikan sebagai perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk berbagai keperluan, misalnya untuk menyimpan dan mengolah data tertentu. Selanjutnya, signage merupakan sebuah tampilan grafis, fungsi umumnya yaitu untuk menampilkan atau menyampaikan informasi tertentu kepada audiens.

Maka dari itu, jika menggabungkan antara kedua kata tersebut, digital signage dapat diartikan sebagai tampilan grafis yang disuguhkan dalam bentuk digital, di dalamnya memuat informasi yang ingin disampaikan kepada audiens.

Biasanya, tampilan ini banyak digunakan untuk tempat umum yang memiliki banyak pengunjung, misalnya bandara, mall, restoran, dan sebagainya.

Sistem penyampaian informasi ini memanfaatkan teknologi yang dapat mengirimkan dan mengontrol konten dari jarak jauh, sehingga pengaturan pun dapat dilakukan dengan lebih mudah dan praktis. Anda dapat memanfaatkan teknologi ini dengan fleksibel, tergantung dengan kebutuhan pemasangan informasinya.

Cara Kerja Digital Signage

Jika melihat dari cara kerjanya, maka ada dua cara kerja yang umum digunakan untuk menampilkan informasi dengan sistem ini.

  • Cara Tradisional

Pertama, ada cara tradisional yang hingga kini masih umum digunakan sebagian besar masyarakat di Indonesia. Cara ini cukup sederhana, yaitu hanya perlu melakukan penyimpanan playlist konten yang nantinya akan ditampilkan. 

Konten tersebut disimpan melalui USB, lalu akan disambungkan pada layar informasi yang akan digunakan.

  • Cara Modern

Kedua, ada cara modern yang dapat diterapkan dengan menggunakan CMS atau Content Management System. Meski tidak sesederhana cara pertama, namun ini adalah cara yang cocok digunakan jika ingin memanfaatkan fungsi dari signage digital dengan optimal.

Jenis-Jenis Digital Signage

Jika dilihat dari layar yang akan menampilkan informasi, maka ada dua jenis layar yang dimanfaatkan secara umum, yaitu: 

  • LCD

Pertama, ada layar LCD yang sering digunakan untuk berbagai keperluan di dalam ruangan atau indoor, serta ketika akan menggunakan media yang ukurannya tidak terlalu besar.

Penggunaan ini disesuaikan dengan karakter dari layar LCD yang memiliki bahan cukup ringan. Lalu, jika melihat tingkat kecerahannya, layar ini tidak seterang jenis layar kedua yang selanjutnya akan dibahas.

  • LED

Kedua, ada layar LED yang cenderung sering digunakan untuk berbagai keperluan di luar ruangan atau outdoor. Layar ini bisa dibilang memiliki karakter yang cukup berbeda dengan layar LCD, karena biasanya digunakan untuk layar besar atau informasi dalam ukuran besar.

Tingkat kecerahannya juga terbilang tinggi, serta dapat tetap berfungsi dengan baik meski di bawah sinar matahari.

Fungsi Penggunaan Digital Signage

Ada berbagai fungsi penting dari media informasi yang satu ini, beberapa di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Memberikan Informasi Publik

Fungsi pertama yaitu untuk memberikan berbagai informasi penting yang dibutuhkan publik atau masyarakat secara luas. Sebagai contoh, informasi tentang pengaturan lalu lintas, peta, informasi cuaca, informasi perjalanan, dan sebagainya.

  • Memberikan Informasi Internal

Kedua, Anda dapat memanfaatkannya untuk memberikan berbagai informasi internal, misalnya untuk informasi di dalam suatu perusahaan. Misalnya, untuk memberi tahu informasi atau berita terbaru, menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan, menjaga berbagai fasilitas perusahaan, dan sebagainya.

  • Memberikan Informasi Produk

Selanjutnya, layar informasi ini dapat memberikan informasi terkait produk yang sedang dipasarkan. Misalnya, informasi tentang bahan baku produk, harga produk, cara memesan, cara menggunakan, dan hal-hal lainnya yang penting untuk diketahui.

  • Branding

Masih cukup berkaitan dengan pemasaran, layar informasi juga dapat menjadi sebuah tempat yang bagus untuk melakukan branding. Dengan memberikan informasi promosi, maka masyarakat secara luas akan lebih mengetahui tentang produk atau perusahaan tertentu.

  • Navigasi

Di berbagai tempat umum, Anda mungkin sering melihat ada berbagai layar informasi yang memanfaatkan teknologi ini. Manfaat selanjutnya yang juga tidak kalah penting yaitu layar informasi ini dapat digunakan untuk sarana navigasi.

Berbagai jejak informasi, misalnya denah lokasi, dapat disampaikan secara optimal dengan memanfaatkan media ini. Ada berbagai tempat umum yang cukup efektif untuk dipasangkan layar informasi, misalnya tempat hiburan, museum, tempat wisata, dan sebagainya.

Itulah berbagai penjelasan tentang teknologi informasi yang satu ini, mulai dari pengertian, cara kerja, jenis, dan fungsinya. Pada dasarnya, teknologi ini memang dapat dimanfaatkan secara optimal di berbagai tempat, supaya dapat menyampaikan informasi dengan lebih optimal dan mudah terbaca atau terlihat.

Untuk berbagai keperluan bisnis atau kantor, Anda juga dapat memanfaatkan teknologi digital signage. Lalu, masih tentang teknologi digital, perkembangan peralatan pun menjadi hal yang perlu diperhatikan untuk membuat suasana kantor modern yang optimal. Kunjungi juga laman Smart Offices blog untuk mendapatkan informasi tentang peralatan ini!

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles