Daftar Peralatan Kantor Modern yang Meningkatkan Efisiensi Kerja

Share
Peralatan Kantor Modern

Kini bekerja di sebuah kantor yang memiliki fasilitas lengkap adalah sebuah pertimbangan penting. Baik bagi perusahaan maupun para karyawan, adanya peralatan kantor modern yang canggih merupakan sebuah keunggulan yang menguntungkan. 

Ini karena dalam sebuah kantor para karyawan membutuhkan peralatan yang memadai agar bisa bekerja dengan lebih giat dan merasa nyaman. Penting untuk mengetahui peralatan kantor dan fungsinya sehingga bisa memilah dan memanfaatkan apa saja yang memang harus ada.

Melalui penjelasan dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai alat dan komponen penting yang harus ada dalam kantor modern untuk meningkatkan efisiensi kerja dan produktivitas. Simak hingga akhir! 

Daftar Peralatan Kantor Modern serta Fungsinya 

Saat mendengar kata kantor modern, tentu yang ada di pikiran adalah konsep kantor mewah dengan teknologi canggih bukan? Namun bukan hanya canggih, perlengkapan yang ada tentu haruslah berfungsi dengan baik dan berguna bagi karyawan.  

Dapat dikatakan jika Anda memanfaatkan teknologi canggih dan alat-alat modern untuk pekerjaan sama halnya dengan berinvestasi di kantor tersebut. Menggunakan alat yang tepat dan canggih tentu akan mempercepat alur kerja perusahaan. Simak daftarnya berikut:

1. Smart Desks

Sebagai peralatan kantor modern utama yang menunjang pekerjaan karyawan kantor, meja dan kursi haruslah dipilih dengan baik. Bahkan sebaiknya Anda memanfaatkan smart desks yang didesain khusus dengan berbagai fitur canggih. 

Terlebih, beberapa kantor mengharuskan karyawan untuk duduk dan menghadap komputer dalam waktu lama. Pilih smart desk yang nyaman dan menawarkan opsi ketinggian sesuai preferensi pengguna dan disertai mode duduk maupun berdiri.

2. PC atau Laptop

Kantor modern perlu menggunakan PC (personal computer) ataupun laptop saat menjalankan bisnis. Membuat laporan, melakukan presentasi, hingga menyusun dan mencatat data akan sangat memerlukan dua hal ini. 

Kini sudah banyak perangkat komputer dan laptop yang disertai spesifikasi tinggi. Banyak brand besar yang memiliki produk terbaik dengan harga yang terjangkau. Saat di kantor, Anda bisa memilih komputer dan laptop untuk bekerja secara hybrid.

3. LCD Proyektor

Selain komputer, Anda harus menyediakan LCD proyektor untuk menampilkan hasil presentasi kepada klien, petinggi atau karyawan perusahaan. Dengan peralatan kantor modern satu ini, resolusi layar bisa lebih besar dan jelas. 

4. Smart Lamp 

Pencahayaan dalam kantor tentu haruslah disesuaikan dengan tepat. Smart lamp bisa mengurangi biaya pembayaran listrik karena kontrolnya yang mudah. Alat ini mengukur intensitas cahaya dengan sensor yang disesuaikan kondisi lingkungan. 

5. Smart Air Conditioner (AC)

Suhu yang dikontrol dengan baik juga akan membuat karyawan lebih nyaman. Adanya smart AC juga mengurangi konsumsi listrik karena sistemnya yang otomatis. AC ini juga bisa mengatur suhu sesuai kondisi ruangan dan keadaan tiap orang.

6. Smart Door Lock

Keamanan kantor tentu harus menjadi prioritas. Di samping itu, Anda tak memerlukan kunci manual. Hanya dengan kartu khusus, kode atau sidik jari Anda bisa membuka pintu dengan mudah. 

7. Closed Circuit Television (CCTV)

Risiko tindakan kriminal juga bisa dikurangi dengan adanya CCTV. Sebagai salah satu peralatan kantor modern dalam hal keamanan, nantinya hasil rekaman akan menjadi bukti dan alat pemantau ketika ada masalah. 

8. Printer, Scanner dan Mesin Fotocopy

Meskipun kini semua serba digital, dokumen dalam bentuk kertas masih dibutuhkan. Anda perlu menyediakan printer dan mesin fotocopy di kantor. Biasanya printer yang canggih juga disertai scanner yang digunakan untuk mengubah hardcopy menjadi softcopy.

9. Alat Penghancur Kertas (Paper Shredder)

Ketika mencetak dokumen penting, ada waktu Anda mungkin tak membutuhkannya lagi. Agar data yang ada di dalamnya tak tersebar, Anda perlu menghancurkannya dengan paper shredder. Maka, alat ini harus ada di kantor modern Anda. 

10. Face Recognition

Fitur keamanan selanjutnya yang harus ada di kantor adalah mesin face recognition. Anda memerlukannya ketika ingin memastikan identitas setiap orang yang akan memasuki ruangan atau gedung kantor. 

11. Mesin Absensi

Banyak kantor yang memilih menggunakan mesin absensi karena lebih aman dan praktis. Jika Anda berminat dengan peralatan kantor modern satu ini, pastikan alat yang dipilih bisa mendeteksi wajah, sidik jari, suhu dan lain lainnya. 

12. Metal Detector

Ketatnya keamanan kantor akan semakin tinggi ketika Anda menyediakan alat ini. Metal detector bisa mendeteksi barang bawaan pengunjung yang mengandung logam. Sehingga Anda bisa mengurangi risiko adanya tindak kejahatan. 

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Kantor Modern dan Kantor Tradisional

 

Tingkatkan Keamanan dan Produktivitas Kantor dengan Layanan Smart Office

Menyediakan peralatan kantor yang canggih dan berkualitas tentu harus menjadi pertimbangan utama. Kenyaman, keamanan dan motivasi karyawan bisa terjaga ketika bekerja karena adanya peralatan kantor modern

Anda bisa mempercayakan Smart Office untuk menunjang peralatan kantor Anda. Dengan berbagai produk terbaik yang didesain khusus untuk gedung perkantoran, Anda bisa merasakan banyak manfaat. 

Selain peralatan kantor yang mudah dioperasikan, Anda bisa mempelajari berbagai inspirasi desain kantor modern bersama Smart Office. Segera tingkatkan efisiensi kerja dengan teknologi canggih dari Smart Office!

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles