Ciri Ciri Kantor Modern yang Menjadi Kekhasannya

Share
ciri ciri kantor modern open space dengan konsep indoor garden Smart Offices solusi kantor modern di Indonesia

Kantor adalah tempat yang penting bagi para pekerja untuk mengembangkan skill, bertukar ide dan menambah pengalaman secara profesional. Maka dari itu, penting bagi pihak perusahaan mempertimbangkan fasilitas kantor yang lebih baik dari alam maupun luar.

Singkatnya, kantor modern adalah sebuah konsep dimana desain dan pengaturan kantor mengadaptasi elemen-elemen dan teknologi terkini untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan efisien.

Desain kantor modern kini sudah mulai diadaptasi oleh berbagai perusahaan, terutama perusahaan-perusahaan besar di tengah kota. Ciri ciri kantor modern, salah satunya adalah menggunakan teknologi sebagai media komunikasi serta pengelolaan data perusahaan. 

Selain penggunaan teknologi, material dan peralatan yang ada di dalam perusahaan pun sangat diperhatikan. Hal ini dilakukan agar kinerja perusahaan lebih aman, akurat dan efisien.

Sebenarnya masih banyak ciri ciri lain dari kantor bergaya modern yang saat ini sudah banyak diaplikasikan. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh, pastikan membaca artikel ini sampai habis. 

Ciri ciri Kantor Modern

Kantor dapat disebut modern jika semua aktivitas dan fasilitas yang ada diperhatikan dan dipertimbangkan dengan baik secara rasional. Hal ini tidak hanya penting bagi perusahaan, tetapi penting juga untuk para pekerja. 

Selain yang sempat dibahas di atas, berikut beberapa ciri ciri kantor modern lain yang perlu Anda ketahui misalnya:

1. Desain yang Terbuka

Kantor modern biasanya dilengkapi dengan ruang terbuka tanpa dinding pemisah yang besar. Sehingga komunikasi dan kolaborasi antar anggota tim dapat berjalan lebih baik. 

Selain itu, ruang terbuka juga akan membuat suasana kerja menjadi lebih fleksibel. Kesan kaku yang biasanya ada di kantor menjadi hilang karena antar tim terkoneksi dengan baik saat bekerja.

2. Punya Pencahayaan Alami

Desain kantor modern berfokus pada penggunaan cahaya alami sebagai sumber penerangan ruangan. Sehingga ruangan tidak membutuhkan pencahayaan buatan dan hal tersebut termasuk bentuk penghematan energi. 

Untuk memaksimalkan cahaya alami, maka Anda bisa menggunakan jendela -jendela besar atau dinding kaca supaya ruangan terlihat lebih besar dan terang. 

3. Ruang Serbaguna

Adanya ruang serbaguna di kantor dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kegiatan, misalnya bisa menjadi ruang rapat, ruang istirahat, ataupun ruangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tim. 

Kantor yang bergaya modern biasanya memiliki ruangan seperti ini agar kantor terasa lebih “homie”. Akibatnya para pekerja akan merasa nyaman dan betah berlama-lama di kantor.

4. Tersedianya Teknologi Canggih

Kantor yang mengambil konsep modern harus memiliki teknologi yang mendukung segala aktivitas pekerjaan menjadi lebih efisien. Hal ini berarti peralatan komputer yang canggih, akses internet tercepat, konferensi video yang lancar dan sistem keamanan yang mumpuni harus menjadi fokus bagi perusahaan. 

Apa yang terjadi jika teknologi yang digunakan belum maksimal? Hal ini akan sangat berdampak pada sistem dan alur kerja para pekerja yang menjadi lebih lama sehingga kurang produktif. 

5. Menggunakan Peralatan Ergonomis

Perusahaan harus memperhatikan furnitur yang nyaman untuk mendukung kesehatan para pekerjanya, seperti menyediakan kursi ergonomik, meja yang bisa diatur ketinggiannya, area kerja yang dirancang sebaik mungkin demi kenyamanan pekerja dan lain sebagainya.

Dengan memperhatikan kenyamanan dan kondisi kesehatan para pekerja, maka pekerja akan memberikan kinerja yang lebih maksimal. Sehingga hal tersebut akan lebih menguntungan perusahaan.

6. Ruang Hijau

Memberikan sentuhan alam juga termasuk ciri ciri kantor modern. Penggunaan tanaman hidup atau taman kecil di dalam ruangan bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih rileks dan menyegarkan.

Tidak heran jika banyak perusahaan yang sudah mengaplikasikan ruang hijau di beberapa sudut kantor mereka. Karena selain dapat mengurangi stres, tanaman juga dapat mempercantik ruangan dan membuat suasana kantor lebih menyenangkan.

7. Entertainment Room

Ciri ciri kantor modern yang saat ini banyak diadaptasi ialah menyediakan entertainment room atau ruangan hiburan bagi pekerja. Ruangan ini biasanya menggabungkan beberapa ruangan lain menjadi satu, seperti ruang istirahat, ruang bermain dan ruang makan.

Fungsi dari ruangan tersebut bukan hanya untuk sekedar bersantai, namun juga untuk menyegarkan pikiran dan melepas stres akibat pekerjaan.

8. Memiliki Sistem Kerja yang Sistematis 

Terakhir, ciri ciri kantor modern adalah memiliki sistem kerja yang sistematis dan disiplin. Sehingga memiliki pekerja yang disiplin dan cekatan adalah hal penting bagi setiap perusahaan. 

Selain dapat memaksimalkan alur kerja, sistem kerja yang sistematis dan disiplin juga akan membantu efektivitas pelaksanaan pekerjaan sehingga hasil pekerjaannya sesuai harapan.

Itulah ciri ciri kantor modern yang dapat Anda aplikasikan di perusahaan Anda. Walaupun banyak hal yang harus dipersiapkan, dan diubah, membuat kantor modern adalah salah satu integrasi yang dibutuhkan setiap perusahaan untuk menghadapi perkembangan zaman.

Baca Juga: 7 Contoh Smart Office di Dunia

Sebagai referensi, Anda bisa mendapatkan gambaran tentang kantor modern di SmartOffices. Untuk informasi lebih lanjut terkait inspirasi desain kantor dan peralatannya, silakan kunjungi SmartOffices.

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles