7 Alat Teknologi Office untuk Kantor Modern di Tahun 2024

Share
alat teknologi - smart offices

Belakangan ini, perkembangan alat teknologi semakin pesat dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai aspek kehidupan. Kantor dengan konsep modern pun semakin memanfaatkan perkembangan tersebut untuk meningkatkan produktivitasnya.

Ada berbagai alat dan teknologi yang dapat menjadi referensi untuk membangun atau mengembangkan kantor menjadi modern. Jangan lewatkan pembahasan dalam artikel ini dan temukan berbagai kemudahan teknologi untuk kantor Anda!

7 Alat Teknologi Office untuk Kantor Modern

Berbagai kenyamanan dan kemudahan dapat diperoleh dari teknologi, sehingga pekerjaan rumit dapat diselesaikan dengan cara yang lebih sederhana. Efektivitas dan efisiensi waktu pun dapat dioptimalkan dengan perkembangan teknologi.

Berikut adalah berbagai alat dan teknologi yang dapat membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan kantor, sehingga membuat pekerjaan menjadi mudah dan praktis.

  • Office Automation Control System

Seat ini, sudah mulai banyak berkembang rumah pintar dengan berbagai kendali otomatis. Misalnya, untuk mengendalikan lampu, AC, dan berbagai perangkat lainnya.

Selain dapat dimanfaatkan untuk kemudahan di rumah, sistem kontrol otomatis juga dapat diterapkan untuk kantor Anda. Office automation control system atau sistem pengendalian otomatis kantor dapat menjadi solusi kemudahan dan kenyamanan bersama bagi para karyawan.

Dengan alat teknologi tersebut, maka berbagai aspek dan perangkat dapat dengan mudah dikendalikan dengan menggunakan perangkat seluler atau media praktis lainnya.

Berbagai jenis sistem bahkan bisa mendeteksi jumlah orang yang ada di kantor saat itu, sehingga fasilitas di sekitarnya dapat diatur berdasarkan kebutuhan. Ini dapat menciptakan sirkulasi yang nyaman bagi karyawan, sehingga kinerja pun dapat dilakukan dengan optimal.

  • Connection Chairs

Kedua, ada connection chairs atau kursi terhubung yang nyaman dan fungsional. Kursi ini telah dilengkapi berbagai fasilitas penting yang diperlukan ketika bekerja, misalnya port USB, stop kontak, panel privasi, dan fitur pendukung lainnya.

  • Visitor Management System

Alat teknologi yang berikutnya yaitu sistem manajemen pengunjung. Untuk berbagai ruangan yang tidak menyediakan resepsionis, sistem ini dapat mempercepat pendataan, check in, dan berbagai hal yang diperlukan dalam hal manajemen pengunjung.

Sistem ini akan mencatat siapa saja yang telah masuk dan keluar dari kantor tersebut. Anda dapat memanfaatkan sistem ini untuk lokasi yang tanpa resepsionis sebagai sistem manajemen utama, atau bisa juga di lokasi dengan resepsionis sehingga dapat membantu dan mempercepat kinerja mereka.

Ketika resepsionis sedang menelepon atau ada kepentingan lainnya, maka sistem ini dapat dimanfaatkan dengan efektif.

  • Treadmill Desk

Belakangan ini, berbagai variasi meja kantor telah didesain dan diterapkan. Hal tersebut dibuat karena banyak orang mulai bosan dengan meja konvensional yang monoton dan cenderung membuat jenuh.

Salah satu jenis meja kantor modern yang mulai banyak dipakai yaitu treadmill desk. Anda dapat menikmati fasilitas treadmill sekaligus berolahraga, namun tetap melanjutkan berbagai pekerjaan dalam waktu yang sama.

  • 3D Printer

Untuk berbagai perusahaan yang mendesain, mengelola, atau membuat berbagai produk fisik, maka teknologi 3D printer dapat menjadi hal yang sangat membantu. Dengan printer tersebut, maka Anda dapat membuat berbagai prototipe secara cepat, serta berbagai hal dapat disesuaikan dengan mudah.

Teknologi ini juga dapat dimanfaatkan secara optimal bagi perusahaan yang bergerak di bidang perangkat lunak serta layanannya. Dengan printer ini, mereka dapat membuat berbagai produk sesuai permintaan dengan lebih mudah dan praktis.

  • Personalized Lighting System

Selanjutnya, ada alat teknologi berupa personalizer lighting system atau sistem pencahayaan yang dipersonalisasi. Sebelumnya, telah ada teknologi pencahayaan yang dapat mendeteksi jumlah orang di sebuah ruangan, sehingga cahayanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun, sistem tersebut hanya mendeteksi berapa jumlah orangnya, bukan siapa saja yang ada di sana. Padahal, karyawan untuk tingkat usia tertentu membutuhkan pencahayaan yang lebih terang.

Sistem pencahayaan yang dipersonalisasi memberikan kemudahan dan kenyaman untuk mengatasi hal tersebut. Anda dapat melakukan kontrol terhadap sistem pencahayaan di sekitar hanya dengan menggunakan aplikasi di perangkat seluler.

Cahaya di atas atau sekitar Anda akan disesuaikan dengan tingkat pencahayaan yang diperlukan. Aplikasi tersebut akan mengingat preferensi Anda, sehingga secara otomatis akan memudahkan dalam hal pencahayaan di kantor.

  • Smart Power Automation and Controller

Terakhir, kantor Anda juga sebaiknya memiliki smart power automation and controller. Dengan adanya alat teknologi tersebut, maka berbagai fasilitas dan perangkat di kantor dapat terhubung dalam sebuah sistem manajemen yang terpusat.

Anda juga dapat melakukan otomatisasi terhadap berbagai rutinitas kantor, serta mengontrol berbagai pergerakan dari sistem pintar di kantor. Misalnya, Anda akan terhubung dengan berbagai sistem audiovisual, HVAC, dan perangkat-perangkat modern lainnya.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan Smart Power, salah satu layanan terbaik dari Smart Offices yang siap membantu perkembangan kantor modern Anda.

Itulah berbagai alat atau teknologi canggih dan terbaru yang dapat mendukung pembangunan atau perkembangan kantor modern Anda. Seiring berjalannya waktu, berbagai teknologi telah dikembangkan untuk membuat pekerjaan kantor menjadi semakin mudah, nyaman, efektif, dan efisien.

Anda dapat memanfaatkan berbagai alat teknologi yang ada, sehingga produktivitas kantor pun dapat ditingkatkan secara optimal. Untuk mendukung kantor modern tersebut, maka berbagai layanan dari Smart Offices dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda. Kunjungi juga laman blog untuk berbagai informasi teknologi modern lainnya!

Butuh informasi lebih lanjut?

Get A Free Consultation with Us

Contact Form

More Articles